Tindakan Yang Dilakukan Untuk Menghentikan Cyber Bullying

Menghentikan Cyber Bullying - Cyber Bullying adalah cara baru yang digunakan pelaku bullying untuk membully targetnya. Mereka menggunakan berbagai social media yang sifatnya terbuka ataupun aplikasi chatting yang bersifat tertutup untuk mengancam, menghina, dan merendahkan korban-korban mereka. Jika anak Anda pernah memiliki pengalaman buruk dengan cyber bullying, maka Anda harus menanggapi hal itu dengan serius. Lindungi anak Anda dari cyber bullying, dan simpan semua gambar atau pun bukti-bukti cyber bullying lainnya untuk mengidentifikasi orang yang melakukan bullying. Dan jika terindikasi melanggar hukum, Anda dapat melaporkan pada pihak yang berwenang. Anda juga bisa melaporkan kepada penyedia layanan media internet yang digunakan, misalnya facebook ataupun twitter menyediakan layanan preventif cyber bullying.

Tindakan Yang Dilakukan Untuk Menghentikan Cyber Bullying


Lapor ke penyedia media internet yang digunakan


Kadang penggunaan bahasa yang tidak pantas dapat melanggar ketentuan penggunaan social media atau media internet lainnya. Hal ini jika dilaporkan ke pihak social media ataupun media internet lainnya yang digunakan, maka mereka pelaku bullying bisa diblokir dan tidak bisa mengakses lagi layanan social media ataupun media internetnya.

Lapor ke provider seluler yang digunakan


Hal lain yang bisa dilakukan untuk membatasi perilaku cyber bullying  yaitu memblokir nomor telpon ataupun ponsel yang digunakan untuk tindakan bullying.  Sehingga dengan demikian para korban cyber bullying tidak akan terus menerus menerima pesan yang tidak pantas. Pelaku bullying bisa saja dengan mengganti nomor baru dan menggunakan nama palsu, tapi kalau ketahuan dan diblokir terus terusan mereka akan lelah dan tidak minat lagi untuk melakukan tindakan bullying.

Lapor ke pihak sekolah


Jika cyber bullying yang menimpa anak Anda terjadi di sekolah, maka Anda harus menghubngi pihak sekolah sehingga dapat dibantu untuk menghentikan bullying tersebut. Dengan menunjukan bukti-bukti cyber bullying yang akurat kepada pihak sekolah.

Hubungi orang tua pelaku cyber bullying


Anda mungkin tidak mengetahui identitas pelaku cyber bullying, karena di internet bisa saja mereka menggunakan nama palsu atau anonim. Jika Anda mengetahui identitas pelaku cyber bullying, coba hubungi orang tua mereka sebagai langkah terbaik. Anda harus menghubungi mereka serta menjelaskan dengan baik kondisinya seperti apa, serta dengan menggunakan cara non-konfrontatif ataupun tidak terbawa emosi. Orang tua pelaku cyberbullying mungkin saja tidak mengetahui tindakan anaknya yang membully orang lain secara online, jika dibicarakan dengan baik ada kemungkinan mereka akan bersedia membantu menyelesaikan masalah tersebut. Jika Anda memiliki bukti ataupun contoh cyberbullying yang dilakukan, maka Anda bisa menunjukan kepada orang tua pelaku cyber bullying sehingga mereka dapat mengetahui apa yang sedang terjadi.

Memberikan kesadaran bahaya bullying

Anak-anak sering tidak menyadari konsekuensi negatif yang dapat terjadi sebagai akibat perilaku cyberbullying. Perilaku tersebut akan berlanjut jika  orang dewasa tidak turun tangan untuk menghentikannya. Bahkan jika anak-anak mengetahui dampak negatif yang dihasilkan dari cyberbullying, mereka tidak akan berhenti sampai ada orang dewasa yang mengentikannya.

Jika tindakan cyber bullying yang terjadi sangat parah, dan itu benar-benar melanggar hukum. Misalnya cyber bullying yang melecehkan, mengancam, ataupun pornografi, maka Anda harus melaporkannya kepada pihak yang berwenang karena bullying jenis ini termasuk pelanggaran hukum dan Anda bisa mengambil langkah hukum. Pastikan bahwa Anda segera mengambil tindakan setelah Anda mengetahui bahwa Anda sedang menerima bully secara online atau menjadi korban cyber bullying.