Review Buku “The Adsense Code” yang ditulis Joel Comm

The Adsense Code : What Google Never Told You About Making Money with Adsense


Sebenarnya pengalaman buku ini saya beli sejak beberapa bulan lalu, kalau tidak salah bulan April 2015. Saya mempelajari adsense sekitar dua tahun, diawali saya belajar otodidak tentang blog, cara menulis, dan lainnya. Awalnya blog saya cuma blog biasa tanpa ada iklan, kemudian saya lihat blog atau portal online banyak yang menggunakan iklan. Saya coba klik sudut kanan atas iklannya, ada tulisan “iklan oleh google”. Dari situ saya mengetahui ternyata website atau blog mereka dipasang iklan oleh google, dengan programnya Google Adsense.



Kemudian saya coba mendaftarkan website www.sisidesa.com ke Google, dan saya diterima namun masih tahap review. Saya pasang kode iklan di website ini, dan iklan masih kosong. Sekitar satu bulan kemudian saya melihat ada iklan tampil di website sisidesa.com dan ketika saya buka email, ada pemberitahuan bahwa pengajuan ke Google Adsense telah diterima.

Setelah berjalan lama mainan website berbasis wordpress ini yang di kombinasikan dengan iklan Google Adsense, saya tertarik membeli buku tentang Google Adsense. Karena selama ini saya mempelajari dari berbagai sumber di internet yang non buku, hanya sekedar artikel artikel yang tidak sistematis.

Pertama kali saya mengetahui buku The Adsense Code dari toko buku online Abebook.com karena disitu banyak buku murah, meski bekas tapi kondisinya masih bagus. Tapi setelah dihitung ditambah dengan ongkir dari inggris atau amerika, ternyata mahal juga biayanya.

Akhirnya saya menemukan buku tersebut dalam bentuk ebook di Google Play Store, disitu ada marketplace buku. Dan akhirnya saya membeli disitu dengan harga yang agak murah, karena tanpa biaya kirim, tinggal dibeli dan download baru bisa dibaca.

Nah, itu adalah proses pembeliannya. Kemudian bagaimana isi buku The Adsense Code tersebut?



Ternyata setelah saya baca hingga selesai (baru selesai baca bulan Agustus 2015), isinya memang penjelasan tentang Google Adsense. Di sampul bukunya dijelaskan tentang apa yang tidak dijelaskan oleh Google tentang Adsense. Setelah saya cari kemana-mana dan saya tidak menemukan tentang keterhubungan dengan judulnya itu.

Memang Google tidak pernah menjelaskan banyak hal tentang Adsense, misalnya tentang mengatur warna atau tampilan iklan agar tidak tampak seperti iklan.  Tapi hal ini sebenarnya sudah saya ketahui sebelumnya, melalui browsing atau membaca artikel di internet.

Tapi keunggulan buku ini banyak juga, terutama untuk pemula tidak perlu bingung. Karena buku tersebut disusun dengan sistematis untuk mengarahkan atau mengajarkan bagaimana menggunakan Google Adsense. Mulai dari pendaftaran, mengatur iklan, SEO, membuat konten blog, marketing, dan sebagainya.

Biasanya bagi orang Indonesia, banyak yang pelit ilmu Google Adsense. Adapun yang mau berbagi ilmu, tapi disuruh bayar. Kemudian kalau membaca dari artikel di internet, juga tidak sistematis sehingga semakin bingung bagi yang mau belajar.

Oh ya, masih ada kelemahan lainnya. Bagi Anda yang tidak lancar dalam berbahasa inggris, mungkin akan kesulitan dalam mempelajari hal ini. Karena bukunya di tulis dalam bahasa Inggris mulai dari sampul depan hingga sampul belakang.