Pendidikan dan peran ibu dalam perkembangan anak

Pendidikan dan peran ibu :  Pendidikan dasar  bagi setiap warga negara adalah wajib, berbagai program pemerintah maupun swasta dan perorangan juga turut berperan dalam pedidikan, namun lebih banyak terfokus pada pendidikan wajib belajar yang minimal 9 tahun hingga sampai perguruan tinggi. Terkadang, kita lupa pendidikan hanya tanggungjawab guru saja, namun perlu dilihat lagi kebelakang bagi kehidupan seseorang, bahwa adanya peran dari seorang manusia yang begitu hebat, yakni para orang tua, yang paling khusus adalah peran sebagai ibu yang telah mengambil banyak peran kepada pendidikan anak.

Pendidikan dan peran ibu dalam perkembangan anak


Peran ibu dalam mendidik anak-anaknya, menjadi guru, menjadi teman, menjadi media belajar sejak dini sebagai pembentuk  karakter terdekat anak waktu dini, dan sebagai kontrol terhadap apapun yang dirasa kurang baik terhadap anak-anaknya.

Untuk ibu, tidak ada satu alasan pun untuk tidak menjadi guru dan tidak bisa mendidik anak-anaknya. Entah itu alasan bekerja, memang tidak bisa mengajari anak dengan baik, sampai alasan takut salah mendidik, itu semua bukanlan alasan yang patut diperjuangan untuk anak-anak. Pendidikan anak yang pertama adalah dari orang tuanya sendiri sebagai agen utama pembentuk karakter anak itu sendiri, sampai seorang anak tumbuh besar pun, karakter  anak itu sendiri tidak lepas dari adanya didikan oleh ibu. Sehingga, didikan sejak dini dari orang tua kepada anak dengan apapun model belajarnya, yang terpenting adalah tujuan utamanya adalah untuk mendidik anak agar seperti yang diinginkan dan terpenting untuk anak, tidak ada alasan untuk tidak mendidik anak sejak dini bagi para ibu.