Pemimpin Yang Baik Mampu Mengetahui Warna Timnya

Kepemimpinan bisa menjadi tugas yang sangat menantang. Sebagai pemimpin tidak selalu bisa memilih tim atau kelompok mana yang akan dipimpin.  Pada faktanya seringkali pemimpin mewarisi sebuah tim, yang sebagian besar anggotanya sejak lama berada disana dibandinkan dengan pemimpinnya, dan bahkan mungkin lebih tahu banyak tentang pekerjaan dari pada pemimpinnya. Apapun kondisinya, salah satu tanggungjawab sebagai seorang pemimpin adalah untuk memotivasi tim agar semua bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini bisa menjadi tantangan yang menakutkan. Jadi secara umum sebuah tim terdiri dari anggota yang sangat beragam, masing-masing memiliki gaya.keunggulannya, dan kelemahan sendiri-sendiri terhadap pekerjaan mereka. Dinamika tim kadang juga sangat rumit seperti perbedaan pendapat dan konflik pribadi. Pemimpin tidak hanya bekerja dengan sekelompok orang, tapi juga mencapai hasil yang diharapkan.

Pemimpin Yang Baik Mampu Mengetahui Warna Timnya


Pemimpin sangat beruntung dengan bisa mengidentifikasi jenis karakteristik kepribadian anggota timnya. Dengan memahami tipe kepribadian dasar, pemimpin dapat menggunakan keunggulan masing-masing anggota untuk kebaikan tim, serta menetapkan tugas-tugas sesuai dengan keunggulan masing-masing. Seorang pemimpin juga dapat belajar untuk berkomunikasi dengan cara yang memotivasi, dengan mempertimbangkan kebutuhan, nilai-nilai dan preferensi yang berbeda di masing-masing anggota tim.

Seorang pemimpin yang baik akan melihat hasil terbesar berdasarkan bekerja dan mengoptimalkan keunggulan, serta pola kerja atau karakter kepribadian tim. Dengan menempatkan keunggulan dan kelemahan masing-masing anggota tim dengan benar, pemimpin dapat membawa timnya pada keseimbangan yang produktif dan harmonis.

Hal ini menunjukan sebuah gambaran dari perbedaan nilai-nilai dan pola kerja dari empat tipe kepribadian utama yang menunjukan bahwa pentingnya pengetahuan menjadi bagian dari kepemimpinan yang sukses. Empat jenis kepribadian akan dijelaskan dengan menggunakan warna emas, biru, hijau, dan orange.

  • Kepribadian emas. Anggota tim dengan warna emas mengambil kerja dan tanggungjawab yang sangat serius. Kepribadian emas ingin berkontribusi, menjadi bagian dari tim, dan menjadi sukses serta produktif. Mereka merespon dengan baik untuk suatu pengakuan, penghargaan, dan insentif. Namun anggota tim dengan karakter emas perlu memegang tanggungjawab yang benar-benar jelas dan terstruktur, serta pimpinan atau otoritas perlu meyakinkan bahwa mereka berada dijalur yang benar.

  • Kepribadian Biru membuthkan suasana sosial yang terbuka untuk depat bekerja dengan baik. Hubungan sangatlah penting bagi mereka, dan mereka membutuhkan kebebasan untuk memelihara hubungan dengan rekan kerja, customer, dll. Konflik dan persaingan yang ketat bisa menyakitkan bagi anggota tim yang memiliki kepribadian biru, tapi mereka akan berkembang secara positif dan kreatif tergantung suasananya.

  • Kepribadian Hijau yang lebih terkenal karena keahliannya dari pada hubungan sosialnya. Mereka bisa bekerja dengan sangat baik dengan fakta, data, penelitian, dan proyek-proyek analitis. Kepribadian hijau bersinar dengan kemampuan mereka untuk merancang, memahami sistem, dan strategi yang kompleks. Fakta atau data adalah hal yang sangat penting bagi si Hijau, tapi mereka memiliki kelemahan terhadap rutinitas dan agak sensitif dalam interaksi sosial.

  • Kepribadian orange yang sangat terlihat karena energi mereka, keterampilan dan kreatifitas. Faktor kuncu untuk si Orange adalah kebebasan untuk dapat menggunakan keterampilan dan kemampuan mereka. Jika ada terlalu banyak struktur, atau pemimpin yang otorites, maka si Orange ini merasa tersingkirkan dan tidak berguna dengan baik. Kepribadian orange seperti orang yang bekerja dengan baik dalam semangat kerja sama tim, kompetisi, dan persahabatan. Mereka berorientasi pada aksi, menjadi tidak sabar dalam pembicaraan yang berkepanjangan, ataupun tugas-tugas administrasi yang harus terinci.

Seorang pemimpin dapat mengetahui warna timnya dengan menggunakan pengetahuan ini untuk menyatukan anggota tim yang berbeda untuk mencapai kesuksesan. Dengan memfasilitasi setiap anggota tim agar berfungsi berdasarkan keunggulannya dan memotivasi mereka dengan komunikasi yang baik dengan cara yang inspiratif serta team work.

Pemimpin dengan cara yang baik akan mencapai hasil yang luar biasa.

3 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon