Meningkatkan kreativitas dengan membaca esai, artikel, dan buku

Meningkatkan kreativitas dengan membaca esai, artikel, dan buku : Dengan membaca esai, artikel ataupun buku tentang kreativitas dan melakukan aktifitas tersebut sesering mungkin, maka akan dapat meningkatkan kreativitas Anda dan akan menghasilkan ide-ide baru dengan membaca majalah, buku, artikel, esai, dan lainnya. Anda bisa membeli majalah di kios koran terdekat atau membeli majalah digital ataupun koran digital secara online, yang mungkin tidak pernah Anda lakukan sebelumnya. Kemudian biasakan membacanya serta update informasinya dari berbagai edisi untuk menemukan ide-ide dan juga tren terkini.

Meningkatkan kreativitas dengan membaca esai, artikel, dan buku


Hal ini adalah contoh bahwa membiasakan membaca secara berulang (tidak sekali saja) akan menstimulus untuk meningkatkan kreativitas kita.

Setelah membaca artikel ini, cobalah untuk melakukannya. Biasanya dalam majalah baik dalam bentuk kertas ataupun digital terdapat hal yang menarik pada bagian covernya, karena dari cover majalah tersebut terdapat fokus utama yang dibahas dan berisi hal-hal menarik sesuai dengan majalah itu tentang apa, misalnya tentang wanita pastinya yang dibahas tentang wanita, demikian juga dengan otomotif, olahraga, ataupun majalah anak.

Kemudian mungkin Anda betanya-tanya, bagaimana melakukannya? Mungkin yang Anda butuhkan adalah dengan mengetahui prosesnya. Berikut adalah penjelasan singkat proses meningkatkan kreativitas dengan membaca.

Membaca majalah untuk menambah wawasan kreatif cukup mudah dilakukan. Beli majalah digital, atau majalah fisik, atau mungkin Anda bisa mendapatkan yang bekas atau majalah digital gratisan. Kemudian tandai dengan stabilo (jika majalah fisik) atau intinya menandai bagian-bagian yang dianggap penting. Kemudian mulailah membaca apa yang menurut Anda penting dan menarik untuk dibaca. Tapi jangan hanya membaca hal-hal menarik untuk Anda baca, cobalah untuk membaca semuanya termasuk iklan di majalah tersebut. Dan saat membaca coba munculkan berbagai pertanyaan untuk Anda jawab sendiri, misalnya

  • Hal ini mengingatkan saya pada..............
  • Hal ini seperti yang saya alami. Seperti tantangan atau masalah yang sedang dihadapi...
  • Apa yang mereka lakukan, sepertinya bisa juga untuk dicoba...
  • Bagaimana saya bisa menggunakan ini untuk.......
  • Bagaimana saya dapat menerapkan atau menggunakan saran dan pengalaman dari artikel atau mungkin iklan ini...............

Hal ini tentu bukan pertanyaan yang harus digunakan, tapi masih banyak pertanyaan yang bisa Anda gunakan dan menjawabnya sendiri. Dengan ini Anda dapat melakukan hal kreatif untuk menemukan jawaban tantangan atau masalah yang ada di dalam pikiran Anda. Dan Anda secara tidak langsung akan menghasilkan ide-ide segar. Coba secara bertahap.

Cara membaca artikel


Biasanya orang bosan membaca artikel, atau bahkan membaca diawal dan jika artikelnya banyak maka tidak tuntas membacanya. Cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan minat baca adalah dengan mengamati proses, menemukan jawaban dari pertanyaan yang Anda buat sebelumnya (pertanyaan seperti diatas). Jika motivasinya menemukan ide atau jawaban-jawaban dari pertanyaan Anda, maka Anda akan mempelajari keseluruhan dan tidak akan setenga-setengah, karena jika setengah-setengah maka Anda tidak akan menemukan jawaban atau ide-ide tertentu.

2 comments

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon