Mengapa dan Bagaimana orang tua harus belajar internet?

Orang tua harus belajar internet : Apakah Anda adalah orang tua yang memiliki anak pengguna internet atau mungkin anak Anda baru akan menggunakan internet? Jika memang demikian, Anda harus mengetahui bahwa internet adalah cara yang bagus untuk tetap update informasi, untuk mengerjakan tugas sekolah, dan berkomuniasi dengan teman-teman, tapi di sisi lain internet juga sangat berbahaya. Sebagai orang tua, hal ini adalah tanggungjawab Anda untuk memastikan bahwa anak Anda tetap aman saat menggunakan internet. Sayangnya, untuk memegang tanggungjawab ini banyak orang tua yang tidak mengetahui seluk beluk komputer bahkan internet. Apakah Anda salah satu yang tidak paham komputer ataupun internet?

Mengapa dan Bagaimana orang tua harus belajar internet?



Seorang anak biasanya lebih memahami internet dibandingkan orang tuanya. Hal ini paling tidak Anda juga harus memiliki pengetahuan yang sama tentang internet. Misalnya jika Anda bisa memblokir situs situs dewasa atau situs yang berbau kekerasan atau bahasanya kasar, namun hal itu tidak akan berguna jika anak Anda mengetahui cara untuk “unblock” ataupun menonaktifkanparental control yang sudah Anda setting sebelumnya. Maka dari itu dalam artikel ini akan membahas seberapa penting mengetahui penggunaan komputer dan internet, ataupun mempelajarinya diluar sepengetahuan anak Anda.

Alasan lain mengapa Anda harus belajar internet dan komputer adalah karena Anda lebih mampu memahami bahayanya. Anda mungkin mendengar  berita bahwa predator internet bisa saja mendekati bahkan menculik anak, tapi biasanya hal itu dianggap angin belaka dan berpikir bahwa hal itu tidak akan terjadi pada anak Anda. Jika Anda mempelajari internet untuk mengontrol anak Anda, misalnya anak Anda menggunakan aplikasi chatting ataupun sosial media kemudian Anda juga melakukan hal yang sama. Anda akan mengetahui betapa mudahnya seseorang di internet membuat identitas palsu. Dan itu biasanya dilakukan predator internet ataupun untuk tindak penipuan.

Dengan berpegang pada pemahaman yang baik tentang komputer dan penggunaan internet dapat memberikan keuntungan positif bagi Anda, yaitu memungkinkan Anda untuk melindungi anak Anda dari bahaya internet. Apakah Anda mengetahui tentang Internet Explorer ataupun browser lain yang memiliki pilihan “parental control” gratis yang perlu diaktifkan? Beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan yaitu Anda bisa memblokir website tertentu. Meski pemerintah sudah memblokir banyak situs yang tidak layak, tapi hampir setiap hari muncul situs sejenis ataupun kloningan situs yang di blokir dan dapat diakses. Namun, Anda tidak akan mengetahui hal ini jika Anda tidak mengetahui semua hal yang tentang internet ataupun komputer. Berkaitan dengan hal ini, alat pengaman online untuk orang tua sebenarnya bisa dibeli secara online juga.

Sekarang Anda mengetahui pentingnya mempelajari internet dan komputer secara umum, tapi mungkin Anda pasti ingin mengetahui bagaimana Anda bisa melakukan pengamanan anak Anda dari internet? Nah Kabar baik bagi Anda bahwa ada sejumlah cara yang Anda butuhkan dapat dipelajari disini. Kami akan mencoba menguraikan beberapa cara untuk kenyamanan Anda.

Belajar mandiri adalah cara mudah untuk mempelajari tentang penggunaan internet dan komputer.  Pada kenyataannya, cara ini memang lebih baik yaitu dengan langsung menggunakan komputer dan menemukan apa yang Anda butuhkan. Sebagai permulaan, periksalah komputer atau browser internet Anda dengan pengaman internet gratis untuk orang tua. Anda juga mungkin ingin mengunjungi beberapa website yang biasanya dilihat anak Anda, hanya untuk melihat perkembangan dan aktifitas mereka di internet. Anda bisa melihat akun jejaring sosial anak Anda, misalnya facebook, twitter, instagram atau situs jejaring sosial lainnya.

Apakah hal ini kurang membuat Anda nyaman dan yakin bahwa anak Anda baik-baik saja?

Anda juga dapat meminta seorang teman yang bisa dipercaya atau kerabat untuk membantu. Jangan meminta  bantuan anak Anda. Karena juka anak Anda mengetahui bahwa Anda ingin mengaktifkan parental control atau Anda sedang mengawasinya dalam penggunaan internet, mereka mungkin akan semakin tertutup dari Anda. Sebaliknya Anda bisa belajar tentang seluk beluk internet dari teman yang Anda percaya dan juga paham tentang internet pastinya.

Anda juga dapat mengikuti kursus internet dan komputer. Kadang ada kursus yang ditawarkan secara gratis ataupun dengan biaya yang cukup terjangkau oleh komunitas, perguruan tinggi atau pemerintah. Biasnya beberapa sekolah menawarkan seminar parenting untuk orang tua yang membahas tentang keselamatan internet.

3 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon