Manfaat menulis ebook untuk menunjang kesuksesan penulis

Manfaat menulis ebook untuk menunjang kesuksesan penulis


Menulis ebook bisa menjadi suatu cara efektif untuk promosi diri untuk personal branding, dan promosi bisnis baik baik dalam hal penyedia layanan ataupun produk tertentu. Jika Anda ingin dikenal sebagai seorang penulis, mungkin menulis ebook adalah hal yang perlu Anda coba.

Manfaat menulis ebook untuk menunjang kesuksesan penulis


Jika Anda kurang beruntung karena naskah buku Anda ditolak oleh penerbit, Anda harus terus mencoba menawarkan naskah Anda ke penerbit yang selainnya hingga sampai menemukan dan meyakinkan penerbit akan bakat menulis Anda, sehingga akhirnya mereka mau menerbitkan buku Anda. Namun sambil berproses, sementara Anda harus mencoba mulai menulis ebook dan mendistribusikan secara online. Dengan cara ini Anda dapat menjangkau audiens Anda, bahkan mereka akan mengenal dan mengetahui Anda sebelum Anda membuat buku cetak atau buku fisik. Benar bahwa pasar ebook mungkin tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan buku cetak atau buku fisik.


Namun, menulis ebook akan memberikan Anda kesempatan untuk mengumpulkan masukan yang membangun dari pembaca ebook, dan hal ini nantinya akan membantu Anda untuk memperbaiki pekerjaan menulis Anda dan dapat membantu Anda untuk mendapatkan perhatian khusus dari penerbit. Hal ini berarti bisa menjadi penghematan bagi Anda, karena tidak harus mencetak buku sendiri buku Anda dimana biaya cetaknya pasti akan mahal. Dan ketika diterima oleh penerbit, maka penerbit yang akan mencetak buku tersebut.

Dampah positif lainnya yaitu dengan menulis ebook Anda bisa mengurangi melestarikan lingkungan, karena otomatis mengurangi penebangan pohon untuk dijadikan kertas atau buku. Menebang pohon apalagi dihutan serta tidak berijin untuk dijadikan kertas atau buku, berarti berkontribusi meningkatkan masalah perubahan iklim. Karbondioksida tidak akan terseram oleh pohon, dan akan langsung lepas ke atmosfer ketika pohon-pohon tersebut mati.

Apalagi menulis ebook tergolong mudah dilakukan. Anda tidak perlu repot untuk menulis ebook, cukup dengan menulis dalam program misalkan Microsoft Word kemudian menyimpannya dalam bentuk file PDF, sebagaimana format ebook pada umumnya agar mudah dibuka dan dibaca audiens. Setelah Anda menulis ebook, Anda bisa bergabung dengan forum-forum atau komunitas ebook dan mendistribusikan atau menyebarkan ebook Anda, serta bisa berinteraksi dengan orang-orang disana misalnya dengan berkomentar, meminta masukan, dan lain sebagainya.

Setelah menulis ebook dan sebelum menyebarkan ebook secara online, jangan lupa untuk melindungi karya Anda akan hak kekayaan intelektual dengan mendaftarkan ke lembaga atau instansi terkait, baik dari pemerintah atau yang lain misalnya creativecommons.or.id atau creativecommons.org. Hal ini akan memakan waktu, tenaga, dan juga biaya. Namun langkah ini merupakan proses yang cukup penting, untuk mengentikan orang-orang tidak bertanggungjawab menjiplak pekerjaan Anda.

Bayangkan jika Anda melihat hasil karya Anda di terbitkan dan dijual oleh pihak lain dan atas nama orang lain, untuk mendapatkan keuntungan dan popularitas.  Yang mendapatkan keuntungan material dan juga popularitas bukan Anda, tapi orang yang menjiplak karya Anda. Jadi kalau bisa coba meluangkan waktu untuk mendaftarkan hak cipta, karena hal itu adalah langkah penting untuk memastikan bahwa Anda akan terus menulis ebook dengan sukses.

Manajemen resiko yang tepat merupakan landasan penting dalam mencapai kesuksesan. Jika Anda mengikuti langkah-langkah sederhana dalam menulis ebook, maka kemungkinan Anda bisa menjadikan itu sebagai profesi yaitu penulis. Anda mungkin tidak memiliki peluang besar untuk menulis buku cetak, tapi Anda harus memulai terlebih dahulu untuk menulis dalam bentuk lain.

Dan juga Anda tidak mengetahui siapa saja yang membaca karya Anda. Karena dengan teknologi internet yang sangat luas,  siapa tahu ada orang yang terbantu dengan ebook Anda dan tertarik untuk mengembangkan ide-ide Anda dalam suatu bisnis bersama.

1 comments so far

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon