Manfaat Dan Cara Penggunaan Tanaman Asafoetida

Manfaat Dan Cara Penggunaan Tanaman Asafoetida



Asafoetida banyak yang menyebut dengan sebutan “Food of the Gods”. Bagian utama yang digunakan pada tanaman ini adalah resin untuk membuat minyak atsiri. Sajarah ramuan ini cukup mengesankan, seperti yang kembali ke jaman Alexander Agung. Sekitar Abad 4 sebelum masehi, Asafoetida digunakan untuk mengobati kembung. Dengan menggunakan getah resin untuk hidangan vegetarian di India. Saat ini digunakan sebagai perasa utama dalam saus Worcestershire.

Manfaat Dan Cara Penggunaan Tanaman Asafoetida


Asafoetida merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat seperti untuk pencernaan, obat sakit kepala, penawar racun, dan ekspektoran. Asafoetida telah dikenal untuk digunakan pada beberapa gangguan mental tapi tidak ada hasil yang signifikan, kecuali hanya kecemasan ringan. Oleh karena itu fokus utamanya yaitu dimanfaatkan untuk tubuh, karena mampu memberikan dampak positif.

Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, Asafoetida beerja pada gas pencernaan dan kembung, selain itu juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan, kram perut, dan membantu sembelit. Ketika sakit kepala, bisa menggunakan Asafoetida dengan mencampurnya dengan air. Selain itu juga bisa meringankan migrain dan juga sakit kepala karena tegang. Sebagai penawar atau menetralkan racun, misalnya racun gigitan ular atau untuk mengusir serangga, maka air Asafoetida bisa dicampur dengan bawang putih.

Sebagai ekspektoran, minyak Asafoetida membantu untuk membersihkan tubuh dari lendir atau dahak berlebihan dan melancarkan sistem pernapasan. Banyak orang menggunakan Asafoetida untuk batuk, asma, dan bronkitis. Beberapa ramuan dicampur menadi satu untuk mengobati batuk dan sebagai eksprektorannya adalah getah resin atau campuran bubuk asafetida dengan madu, jus bawang putih, jus buah pinang, dan jahe kering.

Asafoetida memiliki bau yang sangat tidak enak. Bau busuk tersebut berasal dari resin yang diampil dari batang tanaman dan akar. Asafoetida adalah jenis tanaman adas. Bau busuk terbentu dari senyawa sulfur organik yang ada pada bagian minyak esensial. Ketika mencari tanaman Asafoetida, lebih baik memilih yang tanaman yang tua, sedangkan tanaman yang berumur kurang dari empat tahun biasanya kurang bagus.

Ketika membeli Asafoetida, kemungkinan terdapat dalam tiga bentuk yang berbeda. Satu diantaranya disebut sebagai “tears” atau air mata yang biasanya dijual di toko obat Cina. Tanaman ini juga banyak dijual dalam bentuk serbuk yang biasanya digunakan untuk bumbu seperti kare, perasa kacang, saus, acar, dan banyak yang menggunakannya sebagai bawang putih.

Beberapa hal inik lainnya, jika Asafoetida digunakan untuk bumbu makanan secara teratur bisa meningkatkan kesuburan pria. Kemudian hal unik lainnya, Asafoetida digunakan untukk sakit gigi juga. Nah, Anda mau mencoba ?


EmoticonEmoticon