Inilah 7 Tips Yang Membuat Kamu Menjadi Lebih Kreatif

Tips Yang Membuat Kamu Menjadi Lebih Kreatif : Banyak hal besar yang diawali oleh ide kreatif yang sangat sederhana. Gunakan ide kreatif Anda untuk membantu orang lain. Semakin kreatif Anda, maka semakin banyak ide yang dapat Anda buat. Anda bisa menjadi kreatif bahkan hal itu tidak terpikirkan oleh Anda.

Inilah 7 Tips Yang Membuat Kamu Menjadi Lebih Kreatif


Banyak orang yang takut untuk mencoba menggunakan komputer. Namun setelah mencoba dan mendalaminya, mereka menjadi lebih nyaman. Mereka berani untuk membuat kesalahan, dan hasilnya adalah kemampuan untuk belajar dan melakukan hal-hal yang tidak akan pernah bisa dilakukan tanpa menggunakan komputer.

Menjadi kreatif dan memikirkan ide-ide untuk menjadikan dunia menjadi lebih baik muncul dengan cara yang sama. Semua orang bisa menjadi kreatif, tapi mereka harus memulainya. Proses kreatif akan muncul secara alami dari waktu ke waktu.

Anda bisa mencobba tips berikut ini, semoga bisa membantu Anda menjadi lebih kreatif.

Catat atau rekam ide-ide Anda

Hal yang penting untuk dilakukan adalah Anda harus merekam atau mencatat ide-ide Anda. Suatu ketika Anda akan lupa akan ide-ide yang sebelumnya terpikir atau terlintas dalam pikiran Anda.  Saat ini coba Anda membawa perekam digital atau melalui ponsel Anda ketika jalan-jalan misalnya. Atau Anda bisa menggunakan komputer untuk merekam ataupun mencatat ide, menggunakan buku catatan atau kertas juga bisa dilakukan. Anda bisa memilih media rekam atau catatan sesuai dengan kondisi Anda. Hal ini perlu dilakukan karena kadang ide-ide itu muncul tak terduga, dan kalau tidak mencatat atau merekam ada kemungkinan kita akan lupa, dan kehilangan peluang ide-ide brilian.

Jangan membatasi diri

Tangkap semua ide Anda, bahkan ide yang tidak mungkin untuk diterapkan. Alasan pertama karena yang terlihat tidak mungkin untuk Anda lakukan, bisa jadi hal itu memungkinkan untuk orang lain. Kemudian yang kedua, ide yang tidak mungkin dilakukan akan mendorong munculnya ide-ide kreatif lainnya yang lebih memungkinkan untuk dilakukan.

Coba gunakan sudut pandang yang berbeda

Perubahan dalam sudut pandang dapat merangsang kreativitas dalam diri Anda. Hal in sangat mudah dilakukan. Anda bisa mencoba dengan mengunjungi tempat-tempat baru seperti pantai, taman, hutan, dan lain sebagainya. Lingkungan baru bisa menumbuhkan ide-ide baru.

Banyak membaca berbagai topik

Mencoba membaca berbagai hal yang berbeda atau diluar bidang Anda bisa mendorong ide-ide baru. Dengan memperluas pengetahuan ke bidang yang selainnya, maka hal tersebut akan membantu meningkatkan potensi kreativitas Anda.

Jalan – jalan

Misalnya hal yang saya alami dengan jalan-jalan hanya berkendara sepeda, ataupun motor, bahkan naik keliling daerah dengan menggunakan kendaraan umum, pada saat tersebut biasanya muncul berbagai ide baru dan menarik untuk dilakukan. Banyak orang yang menuliskan hal yang sama, mereka menuliskan artikel bahwa mereka mendapatkan ide ketika jalan kaki ataupu jogging.

Fokus beberapa menit (10 hingga 15 menit)


Hal ini tidak akan menyita banyak waktu untuk melakukan brainstorming beberapa ide yang keren. Faktanya, brainstorming dapat bekerja dengan  baik jika dilakukan dalam waktu yang singkat. Konsentrasi selama beberapa menit dapat menghasilkan banyak ide-ide untuk memcahkan masalah. Kemudian coba catat ide-ide Anda tersebut (seperti penjelasan poin 1). Sehingga Anda akan memiliki beberapa ide hanya dengan mengorbankan sedikit waktu.


Bahkan banyak orang yang menyatakan bahwa mereka mendapatkan ide cemerlang ketika berlama-lama dikamar mandi. Karena saat itu mereka dalam kondisi “fokus” dan konsentrasi tinggi, dan saat itulah muncul berbagai ide. Jadi mereka “sedang menyelam sambil minum air”. Hehehe :)

Think Big

Kira-kira pertanyaan apa yang bisa mendorong Anda mengeluarkan ide-ide? Semakin besar pertanyaan di dalam pikiran Anda, maka semakin besar juga dampak ide tersebut terhadap perbaikan. Anda bisa mencoba hal ini dengan mengatasi masalah yang kecil, tapi jangan terbatas pada hal itu. Anda memiliki keuningakn dalam pengalaman, pengetahuan, dan bakat yang bisa digunakan untuk membantu orang lain.

Demikian tips untuk membuat Anda lebih kreatif. Coba ikuti tips tersebut untuk menghasilkan ide-ide yang memiliki potensi besar untuk perbaikan kondisi di masyarakat. Semoga bermanfaat.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars