Cara mudah mengontrol penggunaan internet pada anak

Penggunaan internet pada anak : Jika Anda adalah orang tua dari anak yang menggunakan internet ataupun kedepan akan menggunakan internet, maka penting bagi Anda agar tetap mengontrol dan mengetahui tentang penggunaan internet yang dilakukan anak Anda. Kemudian bagaimana caranya? karena mungkin anak lebih paham dari pada orang tuanya. Jika tidak mengerti dan tidak terbiasa menggunakan internet, maka Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk belajar dan membiasakan diri dengan internet.

Sebaiknya Anda harus aktif, terlibat, dan memahami ketika anak Anda memasuki masa dimana harus mengenal dan menggunakan internet. Anda bisa menunjukan seberapa penting penggunaan internet. Meskipun Anda bisa menggunakan internet untuk mencari pekerjaan atau membayar tagihan secara online, maka hal ini bisa menjadi pengingat bahwa banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet. Anak Anda bisa saja menggunakan internet diluar batas wajar penggunaan, misalnya tidak hanya menggunakan internet untuk mengerjakan tugas sekolah. Mereka bisa saja menggunakan fasilitas chatting yang bisa digunakan dengan orang yang tidak dikenal, instan messaging, ataupun berbagai situs jejaring sosial.

Perlu diketahui tentang bahaya menggunakan chat online, instant messaging, dan juga situs jejaring sosial. Hal ini penting sebagai pengingat bahwa internet memang membuat kita semakin mudah dalam berinteraksi dengan orang lain, bahkan juga lebih mudah membuat akun palsu dan berperan menjadi orang lain. Mungkin anak Anda tanpa menyadari akhirnya bisa berteman dengan orang yang berusia lebih dari 50 tahun, bahkan lebih tua dari usia Anda. Fasilitas posting online juga banyak disalahgunakan untuk hal-hal misalnya pelecehan, bullying, ataupun untuk tujuan negatif lainnya.

Sekarang Anda bisa mengetahui seberapa penting mempelajari internet dan mengetahui aktifitas internet anak Anda Anda mungkin perlu mengetahui bagaimana cara untuk melakukan hal itu. Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Cara pertama adalah memastikan bahwa Anda memahami penggunaan komuputer. Apakah Anda mengetahui bagaimana melihat history penggunaan komputer Anda?  Dan jauh lebih penting lagi, jika Anda mengetahui isi history komputer Anda.  Jika tidak, maka Anda perlu kursus atau minta tolong  untuk mengajari Anda (asalkan itu bukan anak Anda sendiri) penggunaan komputer termasuk cara aman menggunakannya serta melihat isi history komputernya. Anda tidak perlu mempelajari semua hal tentang komputer dan internet, tapi coba pelajari hal-hal yang diperlukan untuk mengetahui parental control, history internet dan komputer, dan sebagainya.

Tentang history penggunaan pada komputer, pastikan dulu bahwa Anda bisa memeriksa history komputer Anda. History penggunaan internet ataupun komputer Anda akan mencatat semua situs yang dikunjungi selama seminggu terakhir ataupun beberapa hari terakhir. Untuk memeriksanya, coba buka browser yang digunakan pada komputer Anda, misalnya internet explorer, Google Chrome, Mozila Firefox, dan lainnya. Coba telurusi semua menu browser tersebut, coba buka satu persatu menu dan sub menunya, hingga ketemu history penggunaan.

Cara mudah mengontrol penggunaan internet pada anak


Cara mudah yang selainnya dalam memantau penggunaan internet anak Anda adalah dengan parental control. Hampir semua komputer menggunakan parental control untuk standar pengamanan. Dan juga dilindungi dengan sandi atau password parental control yang bisa Anda setting. Jangan berikan atau menunjukan password tersebut kepada anak Anda, dan jangan memblokir situs umum yang dibutuhkan untuk kebutuhan mengerjakan tugas sekolah.


Cara mudah mengontrol penggunaan internet pada anak


Langkah berikutnya adalah pindahkan komputer anak Anda ke ruang keluarga atau ruang yang sering dilalui orang rumah. Bahkan kalau perlu menggunakan komputer yang digunakan bersama, dalam artian bukan komputer khusus untuk anak Anda. Hal ini cenderung membatasi potensi berbahaya dalam penggunaan fasilitas chating dan juga situs jejaring sosial. Jika perlu, batasi penggunaan komputer pada anak jika tidak penting, misalnya hanya boleh menggunakan komputer untuk belajar dan jam – jam tertentu saja.

Pastikan untuk senantiasa berkomunikasi dengan anak Anda, misalnya diskusi atau membahas bahaya penggunaan internet. Biarkan mereka mengetahui tentang hal tersebut, misalnya dengan internet bisa saja berinteraksi dengan predator online, terutama ketika menggunakan fasilitas chatting ataupun jejaring sosial. Biarkan mereka mengetahui bahwa mereka bisa dibully di internet oleh orang yang dikenal ataupun yang tidak dikenal sekalipun.


EmoticonEmoticon