Blog marketing usaha kecil apakah diperlukan?

Blog marketing usaha kecil. Blog marketing bisa menjadi hal yang merepotkan bagi siapa saja yang belum pernah ngeblog sebelumnya. Jika ingin masuk ke dalam blog marketing usaha kecil, maka pertama yang diperlukan adalah memiliki blog dan paham bagaimana cara kerjanya.. Blogging membutuhkan dedikasi dan kesabaran. Perlu update postingan blog secara teratur dan menjaga para pembaca agar tetap loyal. Melakukan update blog secara rutin membuat pembaca datang kembali untuk membaca untuk melihat apa yang baru di posting.

Blog marketing usaha kecil apakah diperlukan?


Blog marketing usaha kecil harus memenuhi syarat yaitu harus ada blog dan ada bisnis yang akan dipasarkan melalui blog. Blog marketing merupakan media yang harus digunakan untuk memperkenalkan bisnis kepada calon konsumen. Namun untuk melakukannya harus bersabar, karena butuh proses yang panjang dan menyita banyak perhatian pemiliknya. Dengan hanya memiliki sebuah blog, bukan berarti pengguna internet bisa mengunjunginya dan membaca postingan kita. Maka kita harus membuat blog tersebut mampu diketahui oleh pengguna internet lainnya. Jika memiliki website untuk bisnis, maka bisa mengiklankan atau mencantumkan link blog yang dimiliki ke website tersebut, dan orang akan mengetahui tentang produk atau layanan melalui website melalui iklan atau link di website atau blog lain.

Blog marketing usaha kecil adalah seuatu hal yang bisa dilakukan siapa saja. Dengan memiliki blog dan terus update informasi terbaru, selain itu perlu adanya rencana dan di setting untuk memasarkan produk atau layanan di blog. Perlu diketahui bahwa blog yang dipasarkan dengan cara yang benar akan memberikan manfaat bagi setiap bisnis, apapun jenisnya.


Jadi, bagaimana melakukan pemasaran usaha kecil dengan menggunakan blog?


Ketika melakukan pemasaran suatu blog, sama halnya seperti memasarkan sebuah website. Hal ini membutuhkan keyword atau kata kunci, serta konten yang berkualitas. Kita bisa menulis konten sendiri atau membayar orang lain untuk menuliskan konten untuk kita.  Namun perlu dipastikan bahwa konten yang disajikan harus layak untuk dibaca oleh pembaca blog kita. Hal ini akan membuat pembaca atau pengunjung website akan datang untuk membaca update terbaru dari blog kita. Kemudian harus dipastikan bahwa konten yang ditulis adalah turunan dari kata kunci atau keyword yang dipilih, karena itu merupakan prinsip dari SEO atau Search Engine Optimization. Dengan SEO akan membantu mengoptimalkan blog dan mendapatkan peringkat atas dalam mesin pencari.

Setelah memilih kata kunci atau keyword, dan membuat konten untuk dipublikasikan melalui blog. Maka perlu dipublikasikan lebih luas lagi postingan di blog. Hal ini bisa dilakukan dengan tukar link untuk memasarkan blog usaha kecil. Dalam tukar link atau link exchange ini harus dilakukan dengan pemilik website atau blog yang sesuai, dan juga tidak bersaing secara langsung. Jika bertukar link dengan website atau blog pesaing, bisa dipastikan mereka akan menolak.

Kemudian untuk mempromosikan blog, bisa juga menggunakan iklan. Misalnya iklan di website atau blog lain, dengan mengeluarkan uang untuk membayar iklan. Bisa juga menggunakan iklan CPC Google Adword atau Facebook.

Hal penting yang perlu diingat dalam blog marketing usaha kecil adalah  jika ada orang yang komentar di blog maka harus ditanggapi dan direspon dengan baik. Begitu pula jika berkomentar di blog lain, maka kita harus komentar dengan sopan dan sesuai dengan isi blog yang di komentari. Hal ini akan membantu mendatangkan pengunjung ke blog kita, dan berdampak pada peningkatan traffic blog.
Blog marketing bukan hal yang pasti bisa meningkatkan usaha kecil. Dalam hal ini butuh kesabaran, kegigihan dan tidak mudah putus asa dalam berproses. Sehingga jangan berpikir instan.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars