Belajar blogging dan langkah-langkah blog marketing

Belajar blogging dan blog marketing : Blog atau yang dikenal juga dengan sebutan web log adalah suatu perkembangan teknologi internet. Banyak orang yang memiliki minimal satu blog, dan banyak diantaranya yang menggunakan blog untuk memperoleh penghasilan baik penghasilan utama ataupun penghasilan tambahan. Pertanyaannya adalah bagaimana mereka melakukan hal itu? Apa istimewanya blog, sehingga bisa digunakan sebagai media memperoleh pendapatan?

Belajar blogging dan langkah-langkah blog marketing


Pertama yang harus diketahui bahwa blog adalah seperti halnya suatu catatan yang bersifat online. Kita bisa membuat postingan pada blog tentang apapun yang kita inginkan, dan mempublikasikan atau menyebarluaskan postingan kita ke pembaca. Jika belum pernah membuat blog pada sebelumnya, maka coba buat blog segera dan pahami cara kerjanya.

Setelah sudah terbiasanya dengan platform blog dan bagaimana cara kerjanya, silakan dicoba untuk membuat blog dan coba memperoleh penghasilan tambahan dari blog tersebut. Namun, untuk pemula dalam blog marketing, maka perlu dilakukan pelan-pelan dan bertahap. Kita perlu melakukan berbagai tahapan yang mungkin agak merepotkan.

Belajar Ngeblog Untuk Marketing


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan ceruk pasar yang tepat untuk menentukan blog nantinya akan membahas apa. Sebenarnya isi blog bisa apa saja yang sesuai dengan kondisi pemilik blognya, atau mungkin si pemilik blog punya keahlian dibidang tertentu. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, maka semakin mudah nantinya dalam mengisi blog. Hal ini bisa menjadi suatu hal yang merepotkan ataupun hal yang benar-benar mudah, tergantung personalnya masing-masing.

Setelah mengetahui tentang blog dan juga mengetahui harus di isi apa blognya, langkah berikutnya adalah masuk ke orientasi bisnis. Pertama perlu di tentukan seberapa sering blog di update postingannya, mungkin bisa update harian atau mungkin mingguan. Hal ini perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing, yang pasti jangan sampai tidak di update. Setelah mendapatkan pembaca blog, maka pembaca tersebut harus mengetahui seberapa sering blog di update. Hal ini untuk memudahkan mereka datang lagi untuk melihat update informasi baru.

Nah, ketika sudah memiliki niche atau ceruk tertentu dan sudah mampu sering update postingan blog, langkah berikutnya adalah menggunakan blog tersebut untuk pemasaran. Untuk memulainya, perlu adanya backlink. Backlink ini penting dalam blog, sebagai penghubung website atau blog orang lain ke blog kita. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan backlink. Coba searching di internet dan mencari blog atau website yang sesuai dengan niche atau ceruk yang sudah dibuat dan meninggalkan link di web atau blog dengan membuat komentar dan mencantumkan link blog kita, atau juga bisa saling bertukar link dengan website atau blog yang sesuai. Kedua cara ini mampu memberikan link yang dibutuhkan untuk blog.

Kemudian setelah semua berjalan dengan lancar, maka coba untuk menjual sesuatu di blog. Dengan hal tersebut, kita bisa mengetahui bahwa mempromosikan produk melalui blog adalah cara yang tepat digunakan untuk saat ini. Banyak orang yang melakukan hal ini dan mereka berhasil dalam menjual produknya melalui blog marketing. Entah bentuknya produk afiliasi atau menjual produk orang lain, atau menjual produk atau jasanya sendiri.

Memang agak merepotkan, namun hal ini perlu dilakukan secara konsisten untuk memperbarui atau update informasi dalam blog.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars