Bagaimana cara mencegah bullying yang efektif?

Cara Mencegah Bullying Yang Efektif

Banyak anak-anak yang menjadi korban bullying. Memang sebagian besar anak-anak tidak mengetahui cara untuk menghentikan atau mencegah bullying, oleh karena itu orang dewasa harus turun tangan untuk melakukan tindakan agar kejadian bullying tidak terjadi. Ada berbagai alasan mengapa anak-anak membully teman atau anak-anak yang lain, dan juga kejadian bullying bisa dikatakan dalam level yang sangat parah. Tidak peduli seberapa parah tindakan bullying baik berat ataupun ringan, tapi hal tersebut tidak dapat dibiarkan dan harus segera ditangani secara cepat. Jika Anda berpikir bahwa anak Anda beresiko untuk dibully, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bullying. Perlu Anda ketahui bahwa lebih baik mencegah tindakan bullying, dari pada harus menghentikan tindakan bullying tersebut. Berikut adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk mencegah terjadinya bullying.

Cara Mencegah Bullying Yang Efektif


Bullying sering terjadi di tempat-tempat yang tanpa atau minim pengawasan, sehingga cara mencegah bullying adalah dengan memberitahukan anak-anak Anda untuk menghindari agar tidak sendirian dan usahakan ada teman misalnya lorong di sekolah ataupun jam istirahat baik disekolah ataupun di tempat umum. Mendorong anak untuk bersosial misalnya bertemu dengan teman dan bergaul dengan teman-teman yang baik mungkin bisa dianggap sebagai cara yang efektif, karena pelaku bullying biasanya menarget anak yang sendirian atau tanpa teman. Sehingga dengan punya banyak teman baik, maka pelaku bullying akan pikir-pikir jika mau membully . Cara lain untuk mencegah bullying adalah dengan menasehati anak Anda agar menjauhi pelaku bullying dan mengabaikannya. Semakin sering tidak perhatian atau mengabaikan pelaku bullying adalah cara mencegah bullying yang efektif, karena kebanyakanpelaku bullying mencoba untuk mendapatkan perhatian dari anak yang ditarget. Semakin menanggapi perilaku bullying mereka, maka pelaku bullying semakin senang dan akan terus mengulanginya.

Palaku bullying biasanya memilih anak yang tidak percaya diri atau kurang tegas. Mengajarkan anak untuk percaya diri adalah cara mencegah bullying yang efektif. Anak-anak yang tampil percaya diri dan dapat melawan tindakan pelaku bullying lebih cenderung terhindar dari bidikan pelaku bullying. Bahkan jika pelaku bullying menarget anak Anda kemudian dia merespon dengan santai atau tenang dan percaya diri, maka hal ini akan memperkecil peluang anak Anda dibully lagi di kemudian hari. Anak-anak seharusnya tidak menangis atau marah ketika mereka dibully, hal itu bukan cara terbaik untuk mencegah terjadinya bullying. Misalnya dengan marah dan mengeluarkan suara keras dan menyuruh agar pelaku bullying berhenti, itu merupakan cara yang kurang tepat. Karena bisa jadi itu yang diinginkan si pelaku bullying, dan pengalaman sukses pelaku bullying itu akan membuat dia mengulanginya lagi.

Karena pelaku bullying ingin memilih anak yang tidak percaya diri, maka cara mencegah bullying yang efektif adalah dengan melibatkan atau mengikutkan anak-anak dalam kegiatan atau aktivitas yang bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka. Anak-anak yang memiliki aktifitas lain untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam kehidupan mereka, maka akan terkondisikan dengan bagaimana mengambil sikap saat mereka mendapat gangguan seperti bullying. Mereka tidak akan takut karena mereka percaya bahwa mereka mampu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Setiap kegiatan yang menyenangkan yang sesuai dengan kelebihan anak Anda, dapat membantu mereka lebih percaya diri dan dengan hal itu akan membantu mereka untuk terhindar dari perilaku bullying. Jika anak Anda memiliki rasa percaya diri dan harga diri, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk mengabaikan pelaku bullying dan tidak akan membiarkan tindakan bullying terjadi pada mereka.

Jika anak Anda belajar bagaimana cara menanggapi pelaku bullying dan mengembangan konsep diri positif, itu adalah cara mencegah bullying yang efektif karena akan mudah bagi mereka mencegah tindakan bullying. Pastikan bahwa anak Anda mengetahui bahwa bullying itu bukan akibat dari kesalahan mereka jika mereka menjadi target bullying dan hal itu adalah hal yang tidak bisa diterima. Banyak anak yang ragu-ragu untuk meminta tolong kepada orang dewasa, tapi perlu diketahui mengatakan langsung kepada orang tua atau orang dewasa adalah cara mencegah bullying yang efektif, karena orang tua atau guru atau orang dewasa lain akan bertindak lebih cepat untuk mengatasinya.

1 comments so far

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon