Bagaimana cara memulai blog untuk marketing bisnis Anda?

Blog untuk marketing merupakan hal yang cukup mudah untuk dimulai. Jika Anda ngeblog sebelumnya, maka Anda akan lebih mudah untuk melakukannya. Dan juga jika Anda sudah melakukan bloging cukup lama, mungkin Anda sudah melakukan pemasaran, meski Anda tidak menyadarinya.

Cara memulai blog untuk marketing


Bagi siapapun yang belum pernah membuat blog sebelumnya, Anda perlu membuat blog untuk uji coba untuk mengetahui  pola dan cara kerjanya.  Anda perlu membiasakan dengan platform blog yang digunakan dan mengetahui cara penggunaannya seperti cara posting, memasukan gambar ataupun video. Sebagian besar blog memang gratis, Anda bisa melihat banyak fitur yang berbeda di masing-masing platform blog gratisan, sehingga Anda harus mengetahui jenis blog yang akan atau sedang Anda gunakan. Jadi untuk memulai sebuah blog, informasi ini mungkin bisa sedikit membantu. Anda dapat ngeblog tentang apa saja yang Anda inginkan. Mungkin tentang aktifitas menarik Anda, atau membahas tentang film favorit Anda.

Ketika sudah memahami blog dan apa yang diperlukan untuk posting serta membuat perubahan kecil, maka Anda bisa melanjutkan pada langkah yang lebih menantang. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih ceruk pasar. Anda harus memilih sesuai yang memiliki kompetisi yang rendah, tapi tetap dicari orang. Jika Anda kebetulan memiliki hobi atau sesuai yang senang Anda lakukan, mungkin itu bisa digunakan. Jika tidak sesuai dengan kesenangan Anda, maka nanti akan banyak muncul masalah kedepannya.

Jika sudah menemukan topik yang tepat, maka bisa dimulai bloggingnya. Ketika Anda ngeblog dengan tujuan pemasaran, Anda harus memberikan pembaca blog Anda sesuatu yang bisa membuat mereka datang lagi untuk membaca. Hal ini akan menjaga basis pembaca Anda dan akan memungkinkan Anda memiliki follower loyal dan menjadikan Anda sebagai favorit mereka.

Kemudian ketika sudah memiliki topik yang tepat, Anda harus menentukan seberapa banyak waktu yang perlu Anda habiskan untuk memperbarui postingan blog Anda. Jika Anda memberitahu pembaca Anda bahwa postingan Anda di update tiap hari, maka konsekuensinya harus update tiap hari. Demikian juga jika update mingguan, maka harus konsisten update seminggu sekali. Apapun yang Anda posting, pastikan bahwa Anda tidak mengecewakan pembaca Anda.  Jika tidak, maka pembaca Anda bisa beralih ke blog lain dan meninggalkan blog Anda.

Belajar SEO dan menerapkan pada blog merupakan cara lain yang mungkin perlu dilakukan. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan peringkat dalam mesin pencari, dan memunginkan Anda untuk menempati posisi teratas. Jika sudah melakukan semuanya, maka SEO ini adalah poin penting untuk dilakukan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mempelajari SEO atau search engine optimization, maka Anda bisa menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan peringkat blog Anda. Banyak jasa SEO di indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.


EmoticonEmoticon