Apa itu Google Adsense dan apa manfaatnya ?

Google Adsense adalah sebuah konsep iklan yang menarik yang dimiliki oleh Google. Meskipun konsep iklan ini mungkin tergolong baru dan terus berkembang yang membuatnya berbeda dengan sistem periklanan yang selainnya.

Apa itu Google Adsense dan apa manfaatnya

Manfaat Google Adsense


Adsense atau program iklan Google ini memberikan kesempatan pemilik website untuk memperoleh penghasilan dengan memasukan iklan Google Adsense ke dalam website mereka. Bentuk iklan Google Adsense berupa iklan teks ataupun gambar, namun akhir-akhir ini iklan berkembang dalam bentuk video. Bagi pemilik website yang tertarik dengan program iklan Google ini, harus mendaftarkan diri ke Google Adsense melalui websitenya yaitu www.google.com/adsense.


Program Google Adsense mengharuskan pemilik website untuk memasukan kode atau script pemrograman pada website mereka. Kode tersebut bisa ditempatkan di posisi mana saja di website, tergantung si pemilik website ingin menampilkan iklan di posisi mana. Tapi juga ada aturan tertentu yang harus diikuti dalam memasukan kode tersebut. Kode ini memiliki tujuan untuk menentukan struktur iklan dan konten website yang didaftarkan untuk membantu Google dalam menayangkan iklan di website. Ketika orang mengunjungi website, maka iklan tersebut akan tampil.

Penghasilan pemilik website dari Google Adsense berdasarkan berapa banyak iklan yang ditampilkan di website dan juga berdasarkan berapa kali pengunjung website mengklik iklan yang ditampilkan. Sistem Google Adsense akan menghitung otomatis pendapatan CPC atau berdasarkan klik iklan dan juga per seribu iklan yang tayang atau CPM.

Sedangkan bagi orang yang ingin mengiklankan produk ataupun layanan, mereka bisa melalui sistem Google Adsense, yaitu dengan mendaftarkan diri melalui program Google Adwords. Melalui Google Adwords berarti nantinya akan bisa mengetahui seberapa besar biaya yang dibutuhkan agar iklan bisa tampil di Google Adsense dan juga seberapa banyak orang yang akan mengklik iklan yang ditampilkan. Sistem periklanan ini bisa memberikan batasan iklan, dalam artian pengguna bisa mengatur sendiri jumlah anggaran iklan dan juga seberapa lama waktu iklannya, sehingga iklan mereka tidak melebihi batas yang ditentukan oleh penggunanya. Google Adsense mampu meningkatkan visivilitas bisnis baik produk ataupun layanan, kemudian jug meningkatkan traffic ke website, sesuai dengan tujuan iklannya.