Apa itu Climate Change atau Perubahan Iklim ?

Apa itu Climate Change atau Perubahan Iklim - Perubahan iklim adalah suatu hal yang sangat sederhana jika dilihat secara kata-kata, namun faktanya perubahan iklim atau climate change adalah suatu hal yang sangat kompleks. Dalam artikel ini kami coba untuk menemukan definisi perubahan iklim atau climate change.

Apa itu Climate Change atau Perubahan Iklim ?

Apa itu Perubahan iklim atau climate change?


Menurut para ahli atau para ilmuan, saat ini perubahan iklim bukan hanya istilah biasa. Alasan akan hal tersebut adalah untuk memahami dampak dari perubahan yang kita perbuat terhadap lingkungan akan meningkatkan temperatur di banyak lokasi di planet ini, dan juga bisa mendinginkan beberapa daerah di bumi. Dalam penjelasan tersebut, biasanya orang-orang menyebut sebagai perubahan iklim global atau global climate change. Dan yang pasti dunia bisa dikatakan sedang mengalami pemanasan.

Perlu adanya definisi yang lebih sederhana untuk perubahan iklim, dalam kaitannya dengan pemanasan di planet ini. Definisi yang paling sederhana dan paling akurat tentang perubahan iklim adalah efek gas rumah kaca terhadap iklim di bumi. Termasuk gas rumah kaca, tapi tidak terbatas pada karbondioksida dan metana. Ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Pertama, perubahan iklim merupakan sebuah fenomena alam dan suatu hasil ciptaan manusia. Dengan kata lain, gas rumah kaca merupakan bagian alami dari biosfer dan terjadi akibat dari perbuatan manusia. Memang hal tersebut merupakan komponen penting untuk kehidupan di planet ini. Jika gas rumah kaca tidak ada, maka rata-rata suhu diplanet bumi yaitu nol derajat. Bayangkan betapa dinginnya jika semua daerah suhunya nol derajat. Dan suhu yang memungkinkan terjadinya kehidupan yaitu sekitar 59 derajat celcius.

Jadi, jika perubahan iklim terjadi kira-kira apa yang membuat kita panik? Masalah yang kita hadapi adalah volume gas rumah kaca di atmosfer. Gas-gas ini berfungsi sebagai selimut di atmosfer. Semakin banyak gas di atmosfer, maka semakin tebal selimut atmosfer dan panas akan sulit keluar dari bumi. Selama sekitar 80 hingga 90 tahun terakhir, manusia telah menyumbangkan gas rumah kaca ke langit. Pada saat yang sama, kita juga mengurangi penghijauan di planet ini. Hal ini yang akhirnya menghasilkan hal yang negatif, yaitu peningkatan pemanasan bumi tempat kita hidup.

Pertanyaan penting terhadap perubahan iklim adalah apa yang akan terjadi ketika planet kita memanas? Kita sudah melihat tanda-tandanya dengan mencairnya gletser. Glacier National Park misalnya, yang harus diganti karena telah kehilangan 65 persen dari semua gletser disana. Saat kepastian dan hasil dari perubahan iklim mengalami ketidakjelasan, kita hanya bisa berharap semoga ada perubahan iklim yang lebih baik kedepannya.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars