Alasan Untuk Kuliah Bisnis Bagi Yang Ingin Berbisnis

Alasan Untuk Kuliah Bisnis Bagi Yang Ingin Berbisnis : Karena saat ini lagi ngetrend bisnis atau wirausaha, maka perlu diketahui bahwa menjalankan bisnis  lebih membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus, jadi tidak hanya memiliki modal, ide dan energi  yang cukup.

Alasan Untuk Kuliah Bisnis Bagi Yang Ingin Berbisnis


Selain itu ada pendapat lain bahwa banyak entrepreneur yang sukses di dunia dan mereka tidak memiliki ijazah dari sekolah ataupun kuliah. Beberapa dari mereka bahkan putus sekolah. Bahkan yang  ide-ide terbaik  pada orang terbaik tanpa melalui ujian seperti yang dilakukan di sekolah atau kampus. Anda akan menjumpai hal ini sebagai kenyataan. Memang beberapa berhasil dan tidak sedikit pula yang tidak berhasil.


Memang benar,  orang yang berhasil mewujudkan kesusksesan bisnisnya tidak mudah seperti membalik telapak tangan (seperti hom pim pa..hehehe).  Hal ini menjadi hal penting bagi siapa saja yang melakukan bisnis. Tapi entrepreneurship dapat dipelajari, seperti halnya kreativitas yang bisa dikembangkan dan diasah agar kualitasnya meningkat.

Bidang wirausaha memang tidak mudah. Hal ini akan dibumbui dengan kegagalan dan hal itu dilakukan oleh orang-orang yang memang bergairah dengan apa yang mereka lakukan. Hal ini adalah kekuatan yang sangat kompetitif dan dinamis yang dibuat lebih rumit oleh kecepatan perubahan teknologi. Salah satu alasan kuat tentang kegagalan dalam wirausaha adalah kurangnya pengembangan diri.

Pertanyaannya, apakah perlu mendaftarkan diri untuk kuliah bisnis ?


Anda mungkin tidak memerlukan gelar bisnis sarjana bisnis atau mungkin hingga gelas master untuk menjadi entrepreneur. Tapi Anda akan jarang atau bahkan tidak pernah mendapatkan pembelajaran tentang manajerial, akuntansi, keuangan, posisi strategis, trend teknologi, hukum bisnis, perencanaan bisnis, negosiasi, statistik, ekonomi, pemasaran, pengembangan produk ataupun trend global.

Dalam entrepreneurship mungkin memerlukan begitu banyak hal, yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman khusus untuk mendalami. Misalnya saja rencana bisnis atau bisnis plan.

Dalam sebuah rencana bisnis yang biasa disebut blue print atau cetak biru dimana suatu bisnis akan dilakukan. Prinsipnya perlu fokus dan perhatian khusus untuk membuatnya lebih detail dan bisa di operasionalkan.  Banyak orang yang membuat bisnis plan dengan fokus pada hal-hal yang bersifat makro atau masih umum banget, minim pengetahuan dan informasi, bahkan tidak bisa dioperasionalkan. Hal-hal semacam ini bisa membuat suatu masalah yang cukup serius. Dan hal ini biasanya bisa di deteksi dan diperbaiki oleh orang yang terlatih dan profesional serta memiliki pengalaman yang cukup.

Selain itu kreatifitas juga sangat penting untuk menjalankan usaha yang sukses. Sekarang apa itu kreativitas? Kreativitas adalah ide yang terus menyala. Hal ini bisa menyenangkan dan mampu membuat solusi yang unik. Kita semua memiliki kreativitas dalam tingkat yang berbeda, tapi faktanya kebanyakan kreatifitas bisa dikembangkan lebih cepat dengan saling berinteraksi sosial dan bertukar ide.

Hal ini adalah dua aspek yang berbeda yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Hal-hal lain seperti kondisi aturan atau hukum, keuangan, akuntansi, teknologi,dan lain sebagainya.