5 Prediksi Internet Marketing 2016 dan bagaimana mempersiapkannya

5 Prediksi Internet Marketing 2016 dan bagaimana mempersiapkannya : Tidak terasa bahwa tahun 2015 berjalan sangat cepat, dan besok sudah masuk tahun 2016. Bagi pemilik bisnis, pasti membutuhkan rencana pemasarannya di tahun 2016. Artikel ini mungkin bisa menjadi referensi untuk prediksi pemasaran di tahun 2016.

    • Video akan menjadi media yang sangat kompetitif

    • Marketing otomatis mungkin tersedia untuk usaha kecil

    • Email marketing tertarget menjadi pilihan dasar

    • Kurangi anggaran sosial media dan tingkatkan Lead Generation atau konversi website

    • Konten marketing masih sangat diperlukan dan akan terus meningkat jika bisnis Anda memanfaatkan media online dan mengoptimalkan waktu untuk menyajikan artikel yang berkualitas.

Video akan menjadi media yang sangat kompetitif


Di tahun 2016 menjadi tahun dimana dunia bisnis akan mengenal nilai penting dan kebutuhan akan video yang berkualitas baik untuk media promosi dan mendidik.

Sama seperti halnya konten yang lain, banyaknya kreator video yang akhirnya mendorong untuk meningkatkan kualitas videonya. Dan dunia bisnis harus siap dengan kondisi tersebut.

Pertumbuhan dalam hal video tercermin banyaknya pilihan yang tersedia untuk marketeer. Seperti banyaknya platform sebagai media ekspresi audio visual untuk menyalurkan kreatifitas, misalnya

  • Facebook live

  • Twitter Video

  • Periscope

  • Blab

  • Instagram

  • Vine

  • Youtube

  • Dll

Dalam prediksi ini juga berarti ada peningkatan penggunaan video yang bisa diartikan juga peningkatan biaya iklan, sehingga anggaran di tahun 2016 harus disesuaikan seperti penggunaan video di instagram, facebook, atau bahkan youtube.

Marketing Automation akan tersedia untuk usaha kecil menengah.


Ketika SmartInsight menanyakan pembaca mereka bukan hanya tentang apa yang mereka harapkan untuk mendorong penjualan di tahun 2016, tapi juga apa yang mereka prediksi untuk meningkatkan atau melakukan perbaikan. Berikut adalah hasilnya.

5 Prediksi Internet Marketing 2016 dan bagaimana mempersiapkannya



Otomatisasi memungkinkan Anda untuk melakukan penjualan ke tim penjualan pada saat terjadi konversi secaraonline. Hal ini memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk membuat kampanye melalui email pribadi yang dirancang untuk segmen tertentu yang dibuat berdasarkan perilaku dan karakteristik personal, kemudian di sempaikan atau dikirim pada waktu yang tepat. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat setiap perilaku traffic website Anda, penjualan, atau pelanggan tertentu. Dengan memperoleh biodata singkat mereka dengan menggunakan chatting support, sehingga mereka bisa berinteraksi dengan bisnis Anda melalui chatting di website atau email.

Mungkin sebelumnya hal ini eksklusif dilakukan oleh perusahaan besar. Namun di tahun 2016 di prediksi ada pasar istimewa untuk usaha kecil dan menengah yang bisa melakukan otomatisasi dalam pemasaran bisnisnya. Hal ini cukup sederhana, harganya terjangkau, dan dirncang dengan software yang mudah digunakan.

*Pelajari Marketing Automation lebih detail disini dan disini

Email marketing tertarget menjadi pilihan dasar


Email yang menyebalkan biasanya di taruh di spam dan dihapus selamanya. Biasanya email tersebut tidak dikenal, bahkan kita mendapatkan kiriman email seakan telah melakukan registrasi padahal kita tidak pernah melakukannya. Pernahkah Anda mengetahui dari mana pengirim email mendapatkan alamat email kita?

Sebagai seorang marketeer Anda mungkin mengetahui bagaimana sulitnya mengelolah kontak email dan membangun hubungan dengan mereka.

Oleh karena ini ditahun 2016 perlu adanya peningkatan kemampuan untuk tidak melakukan spam pada orang lain, peningkatan kemampuan dalam targeting, personalisasi, dan mengoptimalkan cara berinteraksi dengan orang-orang yang ada di list email.

Otomatisasi email juga bisa dilakukan,  karena semakin banyak platform automatisasi pemasaran serta tools email yang spesifik yang akan memudahkan untuk bisnis. Dimana bisa menarketkan email berdasarkan karakter personal, waktu di daerahnya, dan masih banyak lagi.

Tapi hal yang paling mengesankan dari otomatisasi email adalah kemampuan mengirim email ke konsumen atau calon konsumen berdasarkan mereka yang telah atau pernah berinteraksi dengan bisnis Anda. Pada 2016, Anda bisa mengirim email tidak hanya berdasarkan segmen tapi juga berdasarkan perilaku tiap individu, jadi lebih spesifik.

Misalnya ada visitor website yang sering mengunjungi website dan melihat-lihat produk dan harganya. Hal ini bisa jadi mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan tapi mereka tidak yakin untuk membelinya. Sehingga untuk itu saatnya Anda meyakinkan mereka dengan mengirim email berbasis penjualan, misalnya menawarkan promosi secara personal, memberikan diskon, dan sebagainya.

Kurangi anggaran sosial media dan tingkatkan Lead Generation atau konversi website


Prediksi yang mungkin kontrovers di tahun 2016 yaitu adanya penurunan yang signifikan dalam penggunaan sosial media sebagai media pemasaran.

Sosial media bukanlah staregi pemasaran, itu hanya suatu platform pemasaran. Hal ini adalah bagian dari konsep yang lebih besar yaitu inbound marketing. Pada 2016 menjadi tahun ketika bisnis yang cerdas dalam membaca hal ini dan mereka menurunkan anggaran dalam sosial media.

Membuat social media buzz bisa menjadi hal yang efektif. Banyak bisnis yang membuat satu postingan yang tersebar luas di sosial media, dan mampu menggiring orang untuk mengunjungi website mereka. Hal ini memang keren tapi bukan suatu strategi.

Kira-kira apa strategi yang memanfaatkan sosial media sebagai platform yang mendorong orang untuk melihat konten Anda, kemudian mengubahnya menjadi suatu penjualan. Perlu diingat bahwa sosial media adalah untuk fans bukan untuk penjualan utama.

Hal ini berarti menghasilkan banyak follower atau banyak like fanspage bukan menjadi fokus utama, tapi yang menjadi fokusnya adalah mengubah fans atau follower tersebut menjadi penjualan.

Strategi yang bisa menjadi referensi di tahun 2016 sebagai beriku :


  • Gunakan facebook dan twitter untuk mempromosikan konten blog

  • Gunakan iklan facebook untuk meningkatkan dan mengarahkan traffic ke landing page website yang sudah di optimasi

  • Luangkan waktu dan energi untuk membangun konten

Konten marketing masih sangat diperlukan


Hal akan terus meningkat jika bisnis Anda memanfaatkan media online dan mengoptimalkan waktu untuk menyajikan artikel yang berkualitas. Hal ini penting dilakukan dibandingkan iklan, karena saat ini semakin banyak orang yang menggunakan pemblokir iklan di browser mereka di 2016.  Sehingga mendapatkan organic visitor melalui search engine menjadi pilihan penting di tahun-tahun berikutnya. Hal ini berarti konten akan terus mempertahankan gelarnya sebagai raja.

Tantangan bagi online marketeer adalah untuk mengenali konten yang mereka miliki dalam beberapa tahun terakhir, sebagai saluran penjualan. Calon pelanggan atau konsumen akan teredukasi oleh konten Anda, dan akan membeli tanpa banyak campur tangan Anda.

Di tahun 2016, konten dan tim penjualan perlu terintegerasi.  Anda perlu bersama-sama membuat saluran pemasaran dan penjualan yang menggabungkan antara konten dan edukasi pada tiap tahapan. Dan hal ini akan mampu membangun pelanggan loyal.


Sumber : http://goo.gl/QPY0n7


2 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon