4 Cara Riset Pasar Untuk Menemukan Peluang Bisnis Online

Cara Ampuh Untuk Melakukan Riset Pasar Dan Memperoleh Segmen Pasar Yang Menguntungkan : Calon entrepreneur dan pemilik usaha kecil sering bingung dan salah dalam melakukan riset pasar untuk membuka segmen pasar yang menguntungkan.

4 Cara Riset Pasar Untuk Menemukan Peluang Bisnis Online

  • RISET KEYWORD PADA MESIN PENCARI


Cara yang paling sering digunakan para pemilik usaha hanya berdasarkan pada kata kunci atau keyword pada mesin pencari (search engine). Dalam melakukan riset keyword, perlu diketahui bahwa database kata kunci atau keyword  bukanlah cara utama untuk melihat pasar. Berikut beberapa alsannya :

Database kata kunci utama yang saat ini tersedia untuk masyarakat umum memiliki jumlah yang terbatas sebagian kecil dari pencarian yang sebenarnya dilakukan oleh orang di seluruh dunia. Kata kunci hanya bisa memprediksi mayoritas pencarian yang sedang dilakukan dalam  search engine populer seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, AOL, Ask,com yang memegang sebagian besar kata kunci.

Prinsipnya, riset keyword hanya menunjukan frase kata kunci yang digunakan orang dalam menggunakan search engine untuk mencari jawaban, bukan apa yang sebenarnya dibeli orang di internet. Hanya karena beberapa orang mencari istilah atau nama-nama merek tertentu, bukan berarti bahwa mereka membeli yang mereka cari. Hal ini yang cenderung sering diabaikan oleh pemilik usaha ataupun calon entrepreneur dalam riset pasar.

Ketika mencari segmen pasar yang menguntungkan, fokus utama Anda harus mencari fakta atau bukti lain tentang pembeli yang ingin melakukan transaksi (ingin membeli produk tertentu). Tanpa kualifikasi penting ini, Anda mungkin memiliki produk terbesar di dunia, tapi Anda akan kekurangan pasar untuk menjualnya.

Artikel ini akan menyajikan sejumlah cara yang cukup efektif dalam melihat segmen pasar dan memberikan Anda permulaan  untuk benar-benar melihat segmen pasar yang menguntungkan.


Setelah Anda menetapkan bahwa Anda telah menemukan sebuah segmen pasar potensial yang memungkinkan Anda terjun didalamnya, maka Anda harus memiliki alasan yang kuat untuk melihat lebih jauh dalam riset keyword untuk mencari tahu frase kata kunci apa yang digunakan orang untuk menemukan pasar yang Anda pilih.

Berikut adalah cara mengidentifikasi pasar yang menguntungkan.


  • RISET PASAR DENGAN MENGGUNAKAN MAJALAH


Salah satu cara terbaik untuk menemukan karakteristik pasar yang benar-benar bisa menguntungkan adalah dengan melihat majalah yang spesifik pada bidang tertentu. Biasanya penerbit majalah mencetak dan mengedarkan majalah yang full color, yang memungkinkan pengiklan yang mendukung pendanaan majalah tersebut mengiklankan dan menjual produknya di majalah tersebut.

Dari hasil pengamayan Anda terhadap banyaknya pengiklan yang menjual produk di majalah, mungkin saat itu Anda bertanya sebegitu banyak kompetisi di pasar.

Bahkan itu adalah indikasi positif untuk memiliki persaingan. Dari situ berarti ada sejumlah pelanggan yang cukup untuk menjual produk ke segmen pasar tersebut. Jika kompetisinya kecil, kemungkinan tidak ada produk yang bisa dijual pada segmen tersebut, atau memang segmen pasarnya tidak menguntungkan. Semakin besar kompetisinya, maka semakin besar kesempatan Anda memperoleh pendapatan di segmen tersebut.

Anda dapat melakukan riset melalui majalah fisik atau dalam bentuk kertas, atau juga bisa melalui majalah online yang biasanya diterbitkan dalam bentuk file PDF ataupun ePub. Ada banyak tersedia di internet dengan berbagai kategori yang berbeda, yang memungkinkan Anda menemukan topik yang prospek atau bisnis apa yang bisa menarik perhatian orang.

Salah satu hal yang harus Anda fokuskan adalah jumlah pelanggan atau pembaca masing-masing majalah dan seberapa lama majalah tersebut diterbitkan.

Buatlah list majalah yang ingin Anda lihat dan kemudian carilah di agen koran atau majalah besar yang menyediakan berbagai majalah dengan berbagai topik yang berbeda.

Untuk memperoleh hasil apa yang orang beli di dunia internet, Anda pelu untuk memutuskan antara menjual produk fisik atau produk digital.

  • RISET PRODUK FISIK


Dalam pasar global ada dua marketplace besar yang berdagang besar-besaran. Selain itu juga terdapat marketplace lokal Indonesia yang populer. Dengan berbagai produk tersebut menjadikannya tempat yang bagus untuk menemukan apa yang ingin orang beli di internet.

    • eBay.com

Pada ebay, Anda dapat meihat melalui daftar produk yang paling populer dimana banyak orang yang membelinya melalui eBay.com

  • AMAZON.COM

Berbeda lagi dengan marketplace global lainnya seperti amazon. Anda dapat menemukan hampir semua produk dengan berbagai merek. Anda bisa melihat produk yang paling populer di kategori yang menarik bagi Anda.

  • Tokopedia dan Bukalapak


Melalui Tokopedia dan Bukalapak yang saat ini sedang populer di Indonesia, Anda bisa melihat produk populer yang banyak di beli di Indonesia.


  • Riset Produk Digital


Jika Anda ingin menjual produk yang sifatnya digital yang tidak memerlukan persediaan dan biasanya memiliki margin keuntungan yang tinggi dengan sistem afiliasi. Secara global Anda bisa melihat produk digital  di ClickBank yang memiliki peringkat penjualan produk tertinggi.

Cukup dengan melalui kategori di Clickbank.com dan Anda akan langsung menemukan penjual peringkat atas yang menjual produk digital dalam bentuk informasi, software, dan layanan berlangganan yang terleak di top list.

UJI COBA HASIL RISET PASAR


Setelah Anda mengumpulkan informasi dengan riset pasar yang memadai, Anda dapat melakukan salah satu dari hal-hal berikut ini :

  • Membuat toko online untuk menjual produk fisik yang memerlukan stock barang
  • Menjual barang melalui ebay atau toko online (memerlukan stock)
  • Membuat website untuk afiliasi (tidak memerlukan stock)
  • Membuat produk sendiri, berupa layanan atau software untuk produk digital (tidak perlu stock)
Setelah digunakan setidaknya beberapa tempat diatas, bisa membuat Anda yakin bahwa Anda telah melakukan riset pasar yang tepat untuk mendapatkan bukti positif apa yang orang beli dan dengan demikian, Anda mengetahui segmen pasar yang prospek untuk dijadikan lahan bisnis.

Kemudian Anda dapat membangun website sederhana yang menawarkan produk, dan coba cari kata kunci dengan harga murah di Google Adword Untuk Iklan Pay Per Click (PPC) dengan mengeluarkan uang paling tidak 500ribu untuk menguji pasar dan melihat apakah Anda mampu menjualnya.

Jika menunjukan hasil positif, berarti Anda mendapatkan keuntungan dari percobaan Anda. Anda dapat berinvestasi lebih banyak dengan riset keyword yang lebih luas dan mengeluarkan uang lebih besar untuk iklan. Jika hasil percobaan tidak berjalan dengan baik, coba cari segmen pasar lain sampai Anda menemukan hal yang Anda inginkan.

Semoga dengan ini mampu memberikan Anda wawasan informasi yang cukup untuk membuat Anda menemukan pasar yang lebih baik dan menguntungkan.

SELAMAT MENCOBA