Membuat mailing list dan newsletter untuk jualan online

Membuat mailing list dan newsletter untuk jualan online : Salah satu cara memasarkan di internet yang sangat populer adalah dengan mempublikasikan dan mendistribusikan e-newsletter secara berkala.  E-newsletter pada dasarnya adalah email yang berisi konten, gambar, link atau bentuk lain dari iklan. Secara umum e-newsletter harus bersifat informatif dan bermanfaat bagi penerima email, selain itu juga harus bersifat persuasif sesuai dengan tujuan pemasaran. Dalam artikel ini kami mencoba untuk menjelaskan tentang e-newsletter dan memaparkan bagaimana e-newsletter dapat digunakan secara efektif sebagai salah satu strategi pemasaran.

Membuat mailing list dan newsletter untuk jualan online


Poin pertama yang perlu dipertimbangkan ketika mencoba menggunakan e-newsletter sebagai strategi pemasaran adalah list penerima  untuk distribusi e-newsletter Anda. Hal ini sangat penting jika Anda ingin memastikan bahwa Anda mendistribusikan e-newsletter kepada penerima yang akan tertarik pada produk atau layanan Anda, serta mereka akan menganggap e-newsletter Anda sebagai suatu hal yang penting dan tidak dianggap sebagai spam. Menggunakan cara kotor dengan mengumpulkan alamat email dan mengirim e-newsletter dengan membabi buta secara masiv merupakan strategi yang buruk. Strategi semacam ini sangat tidak berharga dengan berbagai macam alasan. Yang jelas, strategi ini tidak akan membantu Anda mencapai target pasar Anda. Kalaupun bisa mencapai beberapa target pasar, bisa dipastikan bahwa itu adalah kebetulan saja, tapi secara jumlah biasanya lebih kecil dari pada yang sudah tertarget.

Selain itu mengirim e-newsletter yang tidak sesuai dengan target audiens secara besar-besaran yang tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda, bisa jadi menghasilkan e-newsletter yang dianggap sebagai spam. Hal ini bisa menjadikan usaha menjadi sia-sia. Terlebih jika penerima e-newsletter memblokir alamat email Anda atau bahkan melaporkan Anda ke provider internet bahwa Anda sebagai spammer. Hal ini bisa berakibat fatal seperti merusak citra bisnis Anda dan bahkan lebih parah dari hal itu.

Cara yang baik dalam membuat list distribusi e-newsletter adalah membuat form untuk pelanggan potensial agar tertarik untuk mendaftar sebagai penerima informasi dari Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan mendaftar melalui website Anda secara online dan meminta dimasukan ke daftar penerima email. Atau bisa Anda cantumkan alamat email Anda di website, sehingga jika pengguna website Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mereka bisa menghubungi via email. Mengirim e-newsletter kepada penerima yang secara khusus meminta informasi terlebih dahulu adalah cara terbaik karena pengguna internet ini bisa dipastikan sudah tertarik dengan produk dan akan cenderung menghargai e-newsletter Anda serta tidak akan dianggap sebagai spam.

 Isi e-newsletter harus diperhatikan pada tahap berikutnya. Isi yang teradapat dalam e-newsletter secara umum berisi konten artikel, gambar, link, dan iklan. Iklan atau promosi secara langsung harus diminimalisir, sehingga iklan disini harus disetting secara halus untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Artikel dalam e-newsletter harus bersifat informatif dan bermanfaat bagi pembacanya.. Anda mungkin ingin memasukan review produk, atau artikel pendek yang berisi tips yang berguna. Anda dapat memasukan link ke website Anda atau website lain yang berguna untuk target audiens Anda. Link ini mungkin bisa berbentuk iklan atau hyperlink dalam teks e-newsletter.

Jika Anda berencana menggunakan e-newsletter untuk promosi produk atau layanan Anda, maka harus mempertimbangkan untuk menggunakan jasa seorang penulis artikel yang berpengalaman untuk membuat konten website Anda. Hal ini akan membantu untuk memastikan bahwa Anda memberikan konten yang berkualitas kepada target pasar Anda. Demikian juga jika Anda ingin memasukan gambar ke e-newsletter maka Anda harus menggunakan jasa design grafis agar membantu Anda untuk membuat e-newsletter yang terlihat profesional.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars