5 Manfaat Menggunakan Website Jualan Online

Menggunakan Website Jualan Online : Ada banyak cara untuk promosi bisnis Anda di internet. Misalnya menggunakan iklan banner, menggunakan email marketing, promosi bisnis di forum-forum terkait dan menggunakan status sosial media yang mencantumkan bisnis Anda. Strategi jualan online lainnya yang cukup efektif yaitu membuat dan mengiklankan sebuah website untuk mempromosikan bisnis Anda.  Anda juga dapat menggunakan website Anda sebagai cara yang cukup efektif dalam memberikan informasi tentang bisnis Anda serta produk / layanan yang Anda tawarkan. Biarkan calon pelanggan potensial menghubungi Anda dan membeli produk atau layanan Anda melalui website. Artikel ini akan fokus membahas tentang keuntungan menggunakan website untuk memasarkan bisnis Anda dan akan menjelaskan beberapa cara agar website bermanfaat.


5 Manfaat Menggunakan Website Jualan Online



  • Sebagai sarana promosi


Salah satu keuntungan dalam menggunakan sebuah website untuk memasarkan bisnis Anda di internet adalah Anda dapat menjelaskan dan menampilkan foto dari produk atau layanan yang Anda tawarkan dalam bisnis Anda. Hal ini cukup penting karena saat ini banyak konsumen yang menggunakan media internet untuk mencari produk atau layanan tertentu. Setelah bisnis Anda sudah online dalam suatu website, Anda mendapatkan keuntungan dalam hal kompetisi bisnis karena konsumen lebih mudah menjangkau untuk memilih produk atau layanan yang Anda tawarkan melalui website. Itupun kalau kompetitornya tidak menggunakan strategi online, tapi minimal mampu mengimbangi persaingan jualan di dunia maya.

  • Menjual produk secara langsung


Keuntungan lain dalam memasarkan bisnis menggunakan website yaitu Anda tidak hanya sekedar memasarkan, tapi juga menjual produk Anda secara langsung. Sekali lagi hal ini dapat memberikan daya saing secara langsung. Konsumen yang menggunakan internet dalam mencari produk atau layanan sering kali khawatir dalam membeli produk atau layanan tertentu, mereka kadang lebih percaya beli secara langsung ke toko fisik. Sehingga dengan website, mungkin Anda bisa menjangkau orang-orang di daerah Anda melalui website Anda dan kemudian bisa melakukan transaksi secara langsung, atau istilah kerennya yaitu COD (Cash On Delivery).

  • Jangkauan wilayah yang luas


[Masih] keuntungan lain yang dapat diperoleh dalam menggunakan sebuah website untuk bisnis Anda adalah kemampuan dalam mencapai target pasar di seluruh dunia. Internet pada dasarnya tidak mengenal batas wilayah, dan mengiklankan bisnis pada website berarti pemilik bisnis dapat menjangkau pesaing di seluruh dunia, tidak hanya di wilayah lokal mereka saja. Sedangkan iklan melalui media lain seperti televisi, radio, dan media cetak agak terbatas dan hanya menjangkau pelanggan di area geografis yang relatif kecil.

  • Bisa jualan online 24 jam



Keuntungan selanjutnya dalam menggunakan sebuah website untuk memasarkan bisnis Anda adalah bahwa internet buka 24 jam dalam sehari dan di seluruh dunia. Hal ini pada dasarnya website ibarat toko yang buka 24 jam sehari. Sementara pesaing Anda [jika tidak online juga] mungkin terbatas pada jam kerja reguler mereka. Website Anda akan menjangkau pelanggan Anda kapan pun selama 24 jam dan 7 hari penuh dalam seminggu. Hal ini sangat penting untuk menjangkau pelanggan yang prospek di zona waktu lain dan untuk mencapai pelanggan di daerah lokal Anda sendiri. Banyak pelanggan yang bekerja pada siang hari dan menyempatkan untuk mencari serta membeli produk atau layanan secara online setelah jam kerja mereka, hal ini merupakan peluang jika Anda menggunakan website yang otomatis buka 24 jam dan tidak terbatas pada jam kerja (siang hari).

  • Pendapatan dari iklan


Keuntungan terakhir dalam menggunakan website untuk memasarkan bisnis Anda adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan dari situs website Anda dengan cara lain selain penjualan kepada pelanggan. Anda dapat menggunakan webiste Anda untuk penghasilan tambahan dengan menjual ruang iklan bagi pemilik usaha ain yang memasarkan produk atau layanan mereka di internet. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan menjual ruang iklan kepada pesaing Anda. Hal ini penting karena ini dapat menyebabkan Anda kehilangan peluang Anda, karena bisa saja pelanggan Anda membeli produk di website yang beriklan di website Anda. Idealnya pengiklan yang Anda pilih yaitu menawarkan produk atau layanan yang tidak bersaing secara langsung dengan produk atau layanan Anda, tapi produk atau layanan mereka bisa menarik pelanggan Anda. Selain itu juga harus berhati-hati agar tidak menempatkan iklan terlalu banyak di website Anda, karena terlalu banyak iklan dapat mengurangi potensi bisnis Anda dan menyebabkan pelanggan tidak nyaman di website Anda.

4 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon