Strategi berinteraksi dengan audiens blog atau website

Strategi berinteraksi dengan audiens blog atau website. Dalam melakukan personal branding melalui blog, mungkin ada yang menggunakan cara menuliskan konten panjang lebar tanpa ada yang membacanya. Ataupun kita menulis konten dan yang lain hanya sekedar membacanya tanpa memberikan feedback positif ataupun negatif, hal seperti itu dalam istilah jawa seperti orang yang “ngomong dewe”.

Strategi berinteraksi dengan audiens blog atau website


Kondisi semacam itu tampaknya kurang begitu meyakinkan apakah promosi kita bisa diterima publik atau tidak. Dalam hal ini selain kita bisa mempromosikan personal branding kita dengan cara mendengarkan orang lain yang menjadi audiens kita dan membantu mempromosikan konten mereka juga.

Dari kondisi tersebut mari kita coba menghentikan kondisi “ngomong dewe”, menjadi komunikasi dua arah atau percakapan. Untuk melakukan hal ini, kita bisa menggunakan semua tools yang terkait, tidak untuk membahas tentang kita, tapi untuk komunikasi dengan orang lain. Bagaimana hal ini bisa membantu dalam proses kita ? Kita akan memanfaatkan sifat rasa ingin tahu manusia.

Dengan kita mem-follow atau mention seseorang di jaringan sosial, ketika kita posting komentar di blog atau kita hanya mengklik favorit, like dan sebagainya, maka akan ada dua reaksi yang dihasilkan. Pertama, orang merasa disanjung karena seseorang menyukai apa yang mereka katakan atau lakukan. Kedua, mereka akan terdorong untuk mengetahui siapa orang tersebut (yang telah komentar atau like/memfavoritkan).

Cara seperti itu bisa diibaratkan memasang jaring ikan, ketika kita bertujuan menjaring ikan dalam jumlah besar. Tapi dalam hal ini kita menggantikan jaringnya dengan pancing untuk menangkap ikan satu per satu.

Strategi ini umumnya bekerja  lebih baik dengan orang yang memanage profil mereka di jejaring sosial. Tapi strategi ini kurang tepat digunakan untuk branding perusahaan atau produk, karena perusahaan pada umumnya kurang mendapatkan respon dalam jenis strategi ini.


EmoticonEmoticon