Berikut ini adalah 3 Manfaat web desa yang harus digunakan

Manfaat web desa Jumlah desa di Indonesia sangat banyak, oleh karena itu sampai ada kementrian khusus yang menangani desa yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Wikipedia

Berikut ini adalah 3 Manfaat web desa yang harus digunakan


Mungkin pandangan orang tentang desa yaitu orangnya primitif, jauh dari kemajuan, ketinggalan jaman, gaptek, dan lain lain. Memang sih mayoritas masih seperti itu, tapi jangan salah sangka dulu. Karena sekarang banyak desa yang secara teknologi ada kemajuan, paling tidak yang maju perangkat desanya (pemerintah desa).  Buktinya banyak desa yang sudah memiliki website resmi untuk desanya, yaitu menggunakan domain khusus untuk desa atau web desa yaitu desa dot id (desa.id).

Agak aneh bukan ? Ya memang aneh, karena tidak populer atau kurang familiar di lidah (emang makanan. hehe)

Biar tidak aneh, coba nih saya perkenalkan dengan website resmi desa. contohnya ada http://www.ciburial.desa.id, www.baluk.desa.id, www.melung.desa.id, dan juga www.sumberagung.desa.id. Secara prinsip tidak ada bedanya dengan website lainnya yang menggunakan .com (baca : dot com), .co.id (baca : dot co dot id), .or.id (baca:dot or dot id), .go.id (dot go.id).

Dengan adanya website khusus desa ini bisa diperoleh banyak manfaat sebenarnya, misalnya saja

  • Promosi daerah

Selama ini banyak memang lokasi desa susah di akses, karena faktor alam atau infrastruktur jalan tidak memadai. Sehingga hal tersebut membuat desa tersebut tidak mendapatkan perhatian, meskipun memiliki potensi yang menarik. Tapi dengan adanya web desa tidak menghalangi daerah tersebut untuk lebih dikenal. Misalnya memperkenalkan keunikan budaya desa tersebut, tempat-tempat menarik di desa tersebut, dan lainnya.

  • Publikasi pembangunan yang sudah dilakukan di desa tersebut

Misalnya perkembangan dari pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah akan bisa dilihat dan dinilai oleh publik secara langsung dengan adanya web desa tersebut.

  • Publikasi jadwal kegiatan khas desa

Biasanya di masing-masing daerah atau desa memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda-beda. Misalnya kalau di daerah saya sendiri ada acara sedekah bumi, yang biasanya mengadakan acara pawai kuda lumping, acara wayang, dan lain sebagainya. Hal seperti ini perlu juga di promosikan, jadi bisa mendatangkan wisatawan untuk melihat acara rutin tersebut.