Tips memilih topik blog antara satu topik atau banyak topik

Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan apakah kita harus membuat satu atau beberapa topik di blog kita, seperti yang dialami banyak blogger. Beberapa topik dalam artian membahas tentang topik yang berbeda yang terkait satu sama lain dalam satu blog, atau banyak blogger Indonesia mengatakan sebagai blog gado-gado.

Tips memilih topik blog antara satu topik atau banyak topik


Topik blog dengan berbagai bahasan (baca : blog gado-gado)  yang memiliki rentang topiknya bisa lebih meluas ataupun menyempit bahasannya, tetapi juga harus memiliki keterkaitan antara satu dengan yang selainnya. Blog dengan banyak topik memiliki tiga keunggulan yang penting yaitu :
  • Memiliki bidang yang lebih luas untuk dibahas.
  • Dengan begitu memungkinkan untuk memperluas target pembacanya (jangkauan luas).
  • Profil penulisnya semakin terkenal.
Misalnya dalam blog Sugoru, penulisnya membahas topik yang berbeda terutama jejaring sosial, inovasi, desain dan pemasaran. Tapi semua yang dibahas dapat dikelompokkan dalam tema yang lebih luas yaitu desain bisnis.

Seperti halnya dengan sekolah, kadang ada guru mengajarkan atau membahas hanya yang berhubungan dengan mata pelajarannya.

Namun ada juga guru­ yang mampu menunjukan / membahas yang bukan bidang mata pelajarannya. Mereka mampu menunjukkan keterhubungan antara mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang yang selainnya. Misalnya seorang penceramah agama yang mampu menunjukan keterkaitan dengan ilmu fisika, astronomi, bilogi, dan sebagainya .

Dengan ini kita tahu bahwa tidak ada bidang / topik yang berdiri sendiri. Semuanya terhubung dan untuk memahami bidang satu dengan yang selainnya.


EmoticonEmoticon