Strategi SEO : Mereka akan mencari blog atau website Anda

Strategi SEO : Mereka akan mencari blog atau website Anda. Pada 2013, Custora, platform SaaS, menerbitkan sebuah laporan ujian keluar e-­commerce tren akuisisi pelanggan di AS berjudul "E­Commerce Customer Aquisition Snapshot". Meskipun laporan ini hanya menganalisis perilaku pelanggan terhadap e­commerce, tren tersebut menawarkan informasi yang valid berlaku blog.

Strategi SEO : Mereka akan mencari blog atau website Anda


Berdasarkan laporan tersebut, pencarian organik (pencarian murni dari search engine seperti google, bing, yahoo) adalah saluran terbesar untuk akuisisi pelanggan online.

Data ini menunjukkan peran penting dari mesin pencari Internet untuk memberikan visibilitas ke situs­situs dan blog. Hal ini adalah langkah pertama strategi persebaran konten harus dilakukan karena akan memudahkan untuk muncul dalam pencarian search engine (mesin pencari internet) dan mendapatkan posisi strategis di search engine agar mudah dijangkau oleh audiens yang ditarget.

Bagaimana mesin pencari bekerja? Fungsi dari mesin pencari seperti Google, Bing atau Baidu pada dasarnya adalah untuk mencari informasi (teks, gambar, video ...) di internet yang berkaitan dengan satu atau lebih kata kunci. Hasil (masing­-masing dokumen / situs yang berkaitan dengan kata kunci tersebut) tercantum berdasarkan tingkat relevansinya.

Di sini, kita harus memusatkan perhatian kita pada konsep relevansi atau kesesuaian antara kata kunci dan konten. Dalam kasus ini, hasilnya adalah sesuai antara konten yang kita sediakan dengan kata kunci yang dimasukan ke mesin pencari.

Sebagai contoh, jika kita melakukan pencarian menggunakan kata "relativitas" karena kita tertarik untuk belajar tentang teori relativitas, hasil yang relevan bisa menjadi yaitu  Wikipedia yang menyediakan teori ini. Sebaliknya, meski sama-sama tentang relativitas tapi tidak sesuai mungkin akan muncul tapi tidak pada urutan teratas.

Di luar penjelasan ini, setiap mesin pencari menggunakan kriteria khusus untuk mengukur dan membandingkan relevansi hasil. Kriterinya banyak, kompleks dan berkembang dari waktu ke waktu, tetapi secara umum, ada beberapa parameter umum yang harus dipertimbangkan.

Pencarian dilakukan dari kata kunci karena sebagian halaman, dokumen, gambar dan video dihubungkan atau mengandung beberapa teks yang menjelaskan tentang konten. Teks ini adalah elemen dasar dari mana mesin pencari mengklasifikasikan informasi.

Tergantung di mana teks ditempatkan dan jenis artikel yang ditulis, mesin pencari akan memprioritaskan beberapa hasil yang tepat. Dalam sebuah blog, teks muncul di tempat yang berbeda : judul, judul tulisan, teks dalam tulisan dan gambar. Dari hal tersebut, yang paling penting adalah judul artikel.