Perlukah Curriculum Vitae (CV) bagi Anda yang kreatif?

Baca artikel sebelumnya : Self-Employed bekerja untuk siapa?

Dalam sebuah artikel yang diposting di blognya, Seth Godin ditanya tentang kebutuhan akan CV (curriculum vitae) . Menurut Godin, dokumen tersebut (CV) tidak mencerminkan kualitas nyata seseorang yang menjadikannya luar biasa.

Perlukah Curriculum Vitae (CV) bagi Anda yang kreatif?


Artikel tersebut telah dikritik, pertama karena perusahaan pastinya membutuhkan riwayat hidup pegawainya. Namun dari perspektif pekerja kreatif, hanya memiliki CV ini bisa dibilang strategi pemasaran pribadi yang terburuk. Pertanyaannya jika Anda sebagai pemilik perusahaan, akankah Anda menedasarkan promosi perusahaan Anda pada selembar kertas dengan list pelayanan dan produk tertentu?

Jika Anda adalah perusahaan Anda, maka Anda perlu strategi promosi diri. Anda harus unggul atau punya kelebihan yang tidak dimiliki yang selainnya. Anda harus menunjukkan kemampuan Anda dengan fakta-­fakta nyata.

Jika, sebaliknya, Anda hanya mencari pekerjaan rutin, selembar kertas akan cukup untuk Anda. Tapi jika Anda memahami dari awal blog untuk pesonal branding, saya kira Anda mencari sesuatu yang lebih dalam hidup. Dalam hal ini, bagaimana Anda ingin menjadi unggul?


Anda bisa merekam video memasak dan menerbitkannya di You Tube, Anda bisa menulis sebuah buku, atau Anda bisa menunjukkan proyek desain Anda pada beberapa portofolio online, apapun itu. Ada banyak peluang dan di antaranya bisa menggunakan blog.

1 comments so far

[…] Baca artikel berikutnya : Perlukah Curriculum Vitae (CV) bagi Anda yang kreatif? […]


EmoticonEmoticon