Perbandingan Platform Wordpress, Blogger, dan Tumbrl

Perbandingan Platform Wordpress, Blogger, dan Tumbrl - Indikator untuk mengetahui platform yang paling banyak digunakan adalah jumlah pencarian di YouTube. Seperti kita dapat melihat dari grafik google trend pada akhir 2011, Blogger tidak populer lagi, semenjak meningkatnya popularitas  Tumblr dan di susul oleh WordPress. Mari kita bandingkan secara singkat perbedaan utamanya.


Perbandingan Platform Wordpress, Blogger, dan Tumbrl

WordPress adalah spesialis menyediakan layanan blog­ publishing, dengan fungsinya yang jauh diatas rata-rata. Kemudahan pengelolahan blog, editing dan berbagai tema yang tersedia di wordpress yang sangat memudahkan untuk merancang situs web. Hal ini dapat berguna jika kita juga ingin fokus untuk menampilkan profil atau portofolio kita.

Ini adalah artikel sambungan dari Cara memilih platform blog terbaik

Dalam hal ini penting untuk Anda ketahui bahwa ada dua layanan yang berbeda. Di satu sisi, ada WordPress.com, sebuah layanan hosting gratis atau berbayar (tergantung pada tema). Di sisi lain, ada WordPress.org, di mana kita dapat men­download software secara gratis.

Tidak seperti WordPress.com, dengan WordPress.org kita akan membutuhkan hosting dan domain. Meskipun tidak memerlukan keahlian khusus untuk menggunakan software web ini, kita  juga tidak bisa menggunakan kegunaannya secara penuh.

Terlepas dari ini, ada perbedaan besar antara kedua layanannya yaitu versi .com (baca : dot kom) memiliki beberapa keterbatasan pada jenis konten yang bisa dimasukkan (video, presentasi, dokumen, peta, social tools ...).

Blogger adalah salah satu layanan blog yang tertua, namun belum berkembang banyak. Dengan blogger sangat mudah untuk mengelola blog dan dapat berguna jika hanya fokus untuk mempublikasikan posting tanpa memerlukan banyak waktu untuk mendesign. Namun, pilihan temanya sedikit dan tidak sangat menarik.

Tapi tidak perlu berkecil hati, dengan saat ini Blogger yang merupakan milik dari perusahaan Google telah menyediakan fasilitas untuk mendesign sendiri temanya, tapi berdasarkan pengalaman hasilnya juga kurang menarik dan kurang atraktif.

Untuk menggunakan platform Blogger, Anda bisa download tema gratisan yang disediakan oleh pihak ketiga (bukan dari pihak Blogger) baik yang berbayar ataupun Gratisan.

Blogger juga bisa di setting custom domain, misalnya blog sisidesa.blogspot.com bisa di ubah menjadi sisidesa.com dengan syarat Anda harus membeli domainnya terlebih dahulu. Kelebihannya, dengan Blogger Anda tidak perlu membeli hosting tambahan.

Dan keuntungan yang paling banyak dicari yaitu layanan Iklan Google atau Google Adsense akan otomatis tersedia di Blogger. Sehingga kalau memang Blog anda sudah dirasa layak dipasangi iklan Google Adsense, maka Anda bisa menghasilkan uang dari Blog Anda.


Tumblr posisinya berada antara WordPress dan Blogger. Sebagai seorang blogger, mudah untuk mengelolanya jika kita memiliki sedikit pengetahuan tentang kode. Meskipun tidak memiliki banyak tema seperti WordPress, beberapa tema dari Tumbrl yang berkualitas tinggi. Selain itu, orang­-orang dengan pengetahuan kode dapat merancang blog benar-­benar menakjubkan.

Tumblr juga merupakan pilihan yang tepat jika kita ingin membuat sebuah blog yang keren yang tidak memerlukan banyak perawatan, dengan fokus pada penerbitan postingan kita.

Kalau di Indonesia Tumbrl masih jarang di gunakan para Blogger, dan mayoritas menggunakan Platform Wordpress ataupun Blogger.

Comments

[…] Bersambung..  Perbandingan Platform WordPress, Blogger, dan Tumbrl […]