Cara mencari ide segar dan inspirasi yang cemerlang

Cara mencari ide segar dan inspirasi yang cemerlang - Cara mencari ide segar dan inspirasi cemerlang. Seseorang yang kreatif biasanya memiliki banyak ide-ide yang tak terduga, mereka akan bingung jika tidak ada ide segar. Begitu pula seorang blogger yang kehabisan ide. Dalam beberapa waktu mungkin ide­-ide banyak bermunculan tanpa usaha apapun dan, sebaliknya, ada minggu ketika pikiran kita kosong.

Cara mencari ide segar dan inspirasi cemerlang

Dari pengalaman, hari-hari tanpa ide biasanya bertepatan dengan kerja yang banyak dan memerlukan konsentrasi tinggi. Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk selalu sedia buku catatan kecil untuk mencatat ide­-ide kita dan menggunakannya pada saat tidak memiliki ide.


Kondisi diatas normal, tidak perlu khawatir tidak menemukan inspirasi. Sehingga solusi dengan mencatat semua ide yang sedang muncul bisa mengatasi masalah kehabisan ide, karena ketika tidak ada ide maka bisa menggunakan ide yang sudah dicatat sebelumnya.

Mungkin hampir setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai kesibukan, dan tidak jarang membuat tingkat stress meningkat. Hal tersebut perlu untuk dipecahkan dengan cara yang berbeda, misalnya kita perlu melakukan beberapa aktivitas yang mengharuskan kita belajar hal yang baru.

Pada kasus seperti itu, kebanyakan orang hanya mengeluh atau kaget, dan setelah beberapa saat  mereka melupakan kejenuhannya, dan begitu seterusnya tanpa solusi yang elegan.

Dalam kehidupan sehari - hari merupakan sumber atau sarana belajar yang paling efektif. Jika kita mampu mengambil pelajaran dari kehidupan sehari-hari, mereka (kehidupan sehari-hari) akan memberikan hal penting untuk membuat ide – ide kreatif.

Tapi kita tidak bisa hanya menunggu inspirasi untuk datang kepada kita. Kita harus terus mencari inspirasi, dengan rekreasi sebagai media yang sangat penting misalnya mengunjungi museum, mendengarkan musik, membaca majalah, menonton film, pergi ke tempat­-tempat baru, bertemu orang­orang yang berbeda, menghadiri seminar dan mengikuti pelatihan, belajar sesuatu yang baru.

Ide-­ide besar datang dari menggabungkan hal-hal yang tidak berhubungan, kadang sering juga hal-hal tersebut berhubungan dengan hal yang tidak kita sukai sekalipun. Ini juga akan membantu kita untuk memiliki pengetahuan yang diperbarui tentang bidang keahlian lain dan untuk mengidentifikasi tren terbaru.

Comments