Memahami sejarah munculnya dan pengertian blog

Memahami sejarah munculnya dan pengertian blog  - Sebelum membaca Memahami sejarah munculnya dan pengertian blog, baca dulu artikel sebelumnya tentang Blog untuk membangun personal branding.

Memahami sejarah munculnya dan pengertian blog


Blog saat ini digunakan misalnya untuk mencatat suatu aktifitas tertentu, berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan, atau juga berbagi foto-foto menarik. Namun kalau dipikir-pikir sebelum ada blog, orang-orang jaman dulu melakukan aktifitas tersebut menggunakan apa?

Pertanyaan tersebut mengarahkan untuk lebih memahami latar belakang munculnya suatu blog. Pasti ada proses atau latar belakang tertentu sebelum munculnya blog seperti saat ini.

Memahami sejarah munculnya dan pengertian blog 


Ketika dunia yang masih belum banyak diketahui seperti saatini, kapal­kapal yang dipandu oleh bintang­bintang sebagai navigator memiliki cara cerdik dan sederhana untuk menghitung kecepatan gerak kapal. Caranya yaitu dengan melemparkan batang atau kayu diikat dengan tali ke dalam air.

Kecepatan kapal dapat dihitung berdasarkan waktu yang dibutuhkan tali yang menjauh dari batang. Maksudnya yaitu panjang tali yang di ulur dari kapal ke batang, kemudian dibagi dengan waktu gerak kapalnya. Informasi ini kemudian dicatat dalam buku catatan dari waktu ke waktu, dan buku tersebut juga digunakan untuk mencatat setiap peristiwa penting yang terjadi selama pelayaran.

Kemudian lihat beberapa abad ke depan, misalnya di akhir 90­an. Manusia tidak lagi berlayar di laut, tapi berlayar ( surfing ) di  World Wide Web (WWW). Saat itu Internet memiliki lebih dari 45 juta pengguna, tetapi belum memiliki kecepatan informasi seperti saat ini.

Anda tahu Jorn Barger? Yaitu pengguna aktif Usenet yang merupakan salah satu sistem pertama komunikasi antara jaringan komputer, di mana penggunanya bisa saling bertukar dan berbagi informasi bersama.

Pada tahun 1997, Barger menciptakan situs web yang berisi catatan hariannya, berdasarkan kronologi kejadian, dan diberikan link yang menarik pada referensinya, teknologi atau politik bisa ditemukan di webnya. Situsnya disebut Robot Wisdom Weblog (web+log). Kemudian setelah itu istilah "Weblog" mulai tersebar luas di internet.

Beberapa tahun kemudian, Peter Merholz, yang membuat weblog www.peterme.com, menulis di kolom sebelah kiri website. Dia menggunakan kata weblog atau blog sebagai pengganti wee'-blog biar lebih pendek.

Dengan istilah baru dan lebih pendek ini, pada tahun yang sama, Barger memposting di blognya tentang definisi blog yang lebih tepat:

A weblog (sometimes called a blog or a newspage or a filter) is a webpage where a weblogger (sometimes called a blogger, or a pre-surfer) 'logs' all the other webpages she finds interesting. The format is normally to add the newest entry at the top of the page, so that repeat visitors can catch up by simply reading down the page until they reach a link they saw on their last visit» (Jorn Barger, 1999).

Baca artikel selanjutnya Belajar dari inovasi blog The Julie atau Julia Project