Manfaat blog untuk membangun personal Branding

Mungkin selama ini  banyak yang mendengar tentang bisnis online yang cukup terkenal. Biasanya bisnis online untuk mempromosikan barang atau jasa tertentu. Salah satu media yang digunakan adalah dengan menggunakan blog untuk mempromosikan produk tersebut. Namun di sisi lain blog juga bisa digunakan untuk “jual diri” dalam arti yang positif, bukan jual diri seperti yang sering kena razia satpol PP.  Disini banyak orang yang terkenal dari blog, mereka mempromosikan diri menjadi terkenal melalui blog. Dengan istilah lain mereka telah melakukan Personal Branding, namun media yang digunakan adalah dari blog mereka.  Misalnya saja artis atau komedian Raditya Dika, yang banyak mengenalnya melalui media Blog.

Blog untuk membangun personal Branding


Kalau dari pengamatan saya pribadi, banyak juga orang Indonesia yang terkenal melalui Blog. Namun rata-rata terkenalnya karena memang kemampuan mereka dalam dunia blog, yang dominan ke arah teknologi. Misalnya paham tentang SEO ( Search Engine Optimization ) yang bisa membuat suatu blog nongol di halaman 1 mesin pencari semacam mbah Google, kemudian juga mereka yang bisa membuat design template/tema blog yang keren, dan masih banyak yang berhubungan dengan IT. Bagi pengguna facebook, sekali-sekali masuk ke grup komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia.

Tapi ada juga yang membuat blog dengan tema tertentu misalnya Food Traveller, yang isinya tentang wisata kuliner dari yang punya Blog. Tapi sepengetahuan saya, tidak selaris manis seperti mereka yang punya pengetahuan di bidang IT untuk blogging.

Sebuah blog yang dibuat untuk mempromosikan seseorang itu sebenarnya lebih dari suatu blog. Meskipun memiliki berbagi banyak fitur yang sama, tapi blog yang digunakan untuk mempromosikan seseorang memiliki implikasi yang pergi lebih jauh. Bahkan, dalam konsep personal branding adalah sesuatu yang sangat penting.

Untuk melakukan personal branding melalui blog perlu memperhatikan aspek sosiologi, desain, pemasaran digital, dan sifatnya lebih kompleks dari blog yang digunakan hanya untuk sekedar sharing pengalaman, berbagi cara, dan lainnya. Semua itu akan digunakan untuk memahami dari perspektif yang berbeda, dengan menggabungkan konsep-konsep seperti pekerjaan, bahasa HTML atau jaringan sosial.

Bagaimanapun, penggunaan berbagai ilmu akan dapat membantu kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dari sesuatu yang unik sebagai fenomena blogging untuk personal branding.  Saya mencoba untuk menyajikan hal ini di blog gado-gado saya http://www.sisidesa.com semoga para pembaca bisa mendapatkan manfaat dan menambah wawasan.


2 comments

[…] Sebelum membaca Memahami sejarah munculnya dan pengertian blog, baca dulu artikel sebelumnya tentang Blog untuk membangun personal branding. […]

[…] mencari pekerjaan rutin, selembar kertas akan cukup untuk Anda. Tapi jika Anda memahami dari awal blog untuk pesonal branding, saya kira Anda mencari sesuatu yang lebih dalam hidup. Dalam hal ini, bagaimana Anda ingin menjadi […]


EmoticonEmoticon