Belajar dari inovasi blog The Julie atau Julia Project

Belajar dari inovasi blog The Julie atau Julia Project - Sebelum membaca artikel ini, baca dulu artikel sebelumnya Memahami sejarah munculnya dan pengertian blog

Belajar dari inovasi blog The Julie atau Julia Project
Belajar dari inovasi blog The Julie atau Julia Project


Inovasi teknologi tidak mengakibatkan perubahan sosial ataupun budaya. Teknologi hanya mempermudah atau membantu kehidupan sosial. Tapi Masyarakat dan pengguna teknologi akan mudah dalam melakukan perubahan positif.

Belajar dari inovasi blog The Julie atau Julia Project


Secara umum  ketika sebuah teknologi baru mampu dijangkau masyarakat luas, sebenarnya teknologi itu berasal dari perilaku lama. Sedangkan perilaku lama secara prinsip tetap, tidak ada perubahan. Namun Seiring waktu  beberapa perubahan kecil terjadi, menjadi berbagai variasi dalam penggunaannya, hingga terjadi perubahan yang nyata.

Elisabeth Einstein menjelaskan dalam ""The Printing Press as an Agent of Change" (1980) bahwa selama lima puluh tahun setelah penemuan mesin cetak Gutenberg tidak ada perubahan budaya yang signifikan. Tipografinya sebenarnya meniru tulisan tangan.

Demikian pula awal penggunaan blog yang secara umum tidak jaug berbeda dari buku catatan, di mana peristiwa penting atau menarik akan dicatat setiap hari. Tapi selama bertahun­tahun digunakan blog berubah menjadi sesuatu yang berbeda.  Misalnya saat ini, blog digunakan untuk media jualan, tidak lagi untuk catatan harian.

Empat tahun  sejak kelahiran kata "blog". Julie Powell, lulusan  dengan gelar Bachelor of Arts degree in theater and fiction writing, menghabiskan hari­-harinya bekerja kantoran yang tidak memuaskan di New York.

Dalam rangka untuk menyalurkan kesukaannya, dia mengambil tantangan:  menyiapkan semua resep yang dijelaskan dalam buku masak Julia Child, "Mastering the Art of French Cooking" (1961), hanya dalam waktu satu tahun. Dan untuk melakukan hal ini, dia menciptakan blog The Julie / Julia Project, dimana ia menjelaskan hasil dari setiap hidangan masakannya.

Setelah itu blognya menjadi popiler sampai menarik perhatian di berikut The New York Times,  yang akhirnya menerbitkan sebuah artikel yang berjudul "A Race to Master the Art of French Cooking" (2003).

Setelah proyeknya selesai, kelompok penerbit Little, Brown & Co. mengusulkan untuk menulis buku tentang pengalamannya, "Julie and Julia: 365 Days, 524 Recipes, 1 Tiny Apart ment Kitchen" (2005).. Yang akhirnya, pada tahun 2009, sebuah film tentang proyek Julie Powell dirilis.

Di satu sisi, blog "The Julie / Julia Project" masih mempertahankan esensi dari blog tradisional. Catatan harian (yang disebut postinga) mempertahankan kaitan yang dekat dengan kehidupan Julie.

Blog ini menarik masyarakat melalui gaya segar penulisnya dalam menyampaikan semangatnya untuk memasak. Blog tersebut juga memiliki konten yang menarik dan berguna. Blog tersebut menjadi sebuah kampanye pemasaran yang tak terduga, postioning Powell sebagai rujukan orang yang menguasai di bidang menulis dan memasak, dan keberanian untuk menciptakan sebuah blog yang menunjukan passion, orisinalitas dan kreativitas.

Dari manakan perubahan kecil muncul? Ketika Teknologi baru bertemu dengan perubahan sosial dan budaya. Misalnya suatu blog telah berinteraksi dengan ilmu personal branding.