Seperti apa Jepang dalam menangani masalah sampah ?

Menangani masalah sampahMasalah Sampah mungkin tidak asing bagi kita, karena kita bisa menjumpai sampah dimana mana. Dan masalah sampah merupakan masalah klasik, setiap daerah di Indonesia pasti memiliki permasalahan dengan sampah. Dan banyak solusi dikeluarkan untuk mengatasi masalah sampah tersebut, termasuk anggaran dana yang tidak kecil untuk mengatasi sampah. Tapi faktanya, sangat mudah dijumpai sampah dimana mana, mulai dirumah, jalan, pasar, sungai, mobil, gunung, bahkan di dalam tas juga banyak sampah.

Kadang kita kagum melihat negara maju yang lingkungannya sangat bersih, sangat sulit menemukan sampah di negara tersebut. Sebut saja negara sebelah, Singapura yang selama ini banyak yang mengetahui tentang bersihnya negara tersebut, contoh lain misalnya Jepang.

Tapi selama ini mungkin kita hanya sebagai pengagum kebersihan di negara tersebut, hanya sekedar menikmati tanpa tahu bagaimana mereka bisa seperti itu. Nah, saya coba mempelajari cara jepang dalam mengatasi masalah sampah. Berikut adalah penjelasan singkatnya,

Menangani masalah sampah
Menangani masalah sampah 


Awal munculnya kesadaran peduli lingkungan di jepang

Sejak industri dijepang melaju pesat, banyak permasalahan yang ditimbulkan yaitu mulai dari ribuan orang meninggal karena limbah mercuri. Kemudian kasus polusi dan juga pencemaran lingkungan yang terjadi sebelum tahun 1970.

Di mulai dengan gerakan dan aksi peduli lingkungan

Ini dengan tujuan persuasif untuk mengatasi masalah kerusakan lingkungan yang berakibat buruk pada kehidupan masyarakat.

Diterbitkan undang-undang oleh pemerintah tentang pengolahan sampah

Prinsipnya undang-undang tersebut mengatur tentang pengelolahan sampah bagi masyarakat. Dan tidak hanya itu, akhirnya diterapkan juga dalam berbagai kehidupan masyarakat.

Diterapkan kesadaran masyarakat melalui budaya


Semua orang paham dan memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya mengelolah sampah dengan baik. Dan hal ini selalu ditanamkan ke generasi berikutnya.

Dimasukan dalam kurikulum pendidikan sejak dini


Anak SD pun ada kurikulum tentang lingkungan seperti mengelolah sampah, pembiasaan membuang sampah ke keranjang sesuai dengan jenisnya. Kalau berdasarkan blog catatanmami.blogspot.com, ada kunjungan ke tempat pengolahan sampah, pengolahan air bersih, hingga pengolahan air yang bisa diminum langsung dari kran.

Baca juga artikel Bayar biaya kesehatan dengan sampah.

Ternyata kalau dilihat prosesnya memang sangat lama dan mengalami perjalanan panjang, hingga bisa menjadi Jepang yang bersih seperti yang bisa kita lihat hingga saat ini. Ini mungkin penjelasan umum, kalau ada yang mau menambahkan silakan berikan komentar dibawah.