Buka Bersama dan Sahur Bersama di bulan Ramadhan

Buka Bersama dan Sahur Bersama di bulan Ramadhan - Istilah buber (buka bersama) ini memang biasanya ada di berbagai media sosial dengan dijadikan status oleh orang-orang yang akan melakukannya. Buber atau buka bersama umumnya memang diadakan pada bulan ramadhan. Tujuan utama dari buber ini adalah untuk mempererat tali silaturrahmi, yang bisa digunakan juga untuk mempererat hubungan kerja atau pertemanan, menjalin relasi, menambah hubungan baik dengan rekan kerja, memperkuat solidaritas anggota suatu organisasi, ajang untuk reuni sampai berkumpulnya keluarga besar. Biasanya buber ini diadakan oleh anak-anak muda sampai dengan orang dewasa. Buber juga dilakukan ketika teman sebaya, teman kerja atau sanak saudara dapat berkumpul bersama pada hari tertentu di bulan puasa. Sehingga, buber atau buka bersama ini identik terjadi pada bulan ramadhan.

Buka Bersama dan Sahur Bersama di bulan Ramadhan


Buka Bersama dan Sahur Bersama di bulan Ramadhan


Dari acara buber ini, tempat yang dipilih memang tempat-tempat yang kiranya agak luas, atau tak jarang juga melalukan buber sembari dengan berbagi dengan sesama, dijalanan, atau dipantiasuhan.

Ada pula biasanya sahur bersama, memang, yang paling banyak adalah buber atau buka bersama, namun sahur bersama juga ini biasanya juga ada beberapa yang melakukannya. Sahur bersama ini juga biasanya juga dengan acara berbagi makanan bersama kepada orang kurang mampu di jalanan, atau bisa juga di panti asuhan. Saber atau sahur bersama ini memang agak kurang terdengan seperti buber atau buka bersama. Tapi apapun namanya, ibadah di bulan ramadhan ini, apapun bentuknya, yang penting bermanfaat dan positif bagi diri sendiri dan orang lain

.

Comments