Tips menu makan sahur agar bisa aktifitas maksimal

Tips menu makan sahur - Dalam bulan suci Ramadhan, beraktifitas di siang hari dalam kondisi tidak memasukan makanan atau minuman ke dalam tubuh kita. Hal tersebut bukan berarti menjadi kendala atau hambatan dalam melakukan aktifitas. Tapi justru itu tantangan berpuasa yaitu aktiftas dalam kondisi lapar dan haus, sehingga kondisi tersebut menjadikan diri kita sabar terhadap berbagai cobaan.

Tips menu makan sahur
Tips menu makan sahur


Untuk menjaga kondisi tubuh saat beraktifitas di siang hari, maka hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah ketika makan sahur. Berikut adalah tips menu makan sahur untuk menjaga kondisi tubuh agar bisa beraktifitas normal meski dalam kondisi berpuasa.

Tips menu makan sahur


Buah dan Sayuran berdaun hijau

Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur penting karena dapat meningkatkan perasaan kenyang dan dapat pula mencegah konstipasi atau sulit buang air besar (BAB). Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral dan fitokimia yang penting bagi kesehatan.

Nasi atau bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya serat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membantu memberikan cadangan energi

Daging atau penggantinya

Daging ayam tanpa kulit, ikan dan produk olahan susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik dan membatasi asupan lemak Anda. Selain itu juga dapat memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi produk olahan susu yang tinggi kalsium dapat menjaga kekuatan tulang

Menghindari junk food

Memang makanan cepat saji atau makanan olahan bisa diperoleh dengan mudah. Namun hampir tidak ada nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, jangan malas memasak makanan sendiri di rumah selama bulan Ramadan.

Makanan yang tidak membuat dehidrasi

Dehidrasi adalah masalah umum yang terjadi selama puasa. Jika tidak ingin mengalami hal serupa, coba konsumsi makanan yang banyak mengandung air dan menghindari minuman yang membuat dehidrasi (contohnya kopi dan soda).

Menghindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng, terlalu manis, atau terlalu pedas juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa. Semuanya cukup sulit dicerna tubuh dan juga memicu masalah kesehatan serius. Sebagai gantinya, olah makanan dengan cara direbus atau dipanggang.