Review Buku Social Marketing Philip Kotler, Nancy R Lee

Marketing atau yang lebih dikenal dengan pemasaran secara umum memang memasarkan produk barang atau jasa dengan orientasi profit. Hal ini bisa dilihat banyaknya buku atau teori pemasaran yang orientasinya adalah keuntungan materi (finansial).

Review Buku Social Marketing Philip Kotler, Nancy R Lee


Namun saya sempat terpikirkan, bagaimana kalau pemasaran dengan orientasi sosial. Dalam artian memang bukan untuk mencapai laba uang, tapi misalnya perubahan sosial atau memang pemasaran untuk hal-hal yang bersifat non profit seperti lembaga sosial, atau lembaga non profit selainnya.

Beberapa kali saya coba untuk mencari di toko buku dan juga toko buku online, ketika saya cari social marketing atau pemasaran sosial, justru yang muncul adalah mayoritas pemasaran dengan menggunakan social media semacam facebook, twitter, dan sebagainya. Padahal yang saya butuhkan adalah konsep social marketingnya, bukan media untuk pemasarannya.

Demikian juga ketika mencari di google, ketika memasukan keyword social marketing juga muncul pemasaran dengan menggunakan social media facebook, twitter, G+, path, blog, dan lainnya.

Namun sedikit mendapat pencerahan ketika ada buku Social Marketing karya Philip Kotler, Nancy R Lee, dkk. Dalam judulnya secara jelas tertulis “Social Marketing – Improving Quality Of Life” ataupun “Social Marketing – Influencing Behaviour For Good”, atau juga “Social Marketing – Changing Behaviors for Good”.  Yang saya ketahui ada sampai 5 edisi, dan yang terakhir yaitu “Social Marketing – Changing Behaviors for Good”.

Karena saya cari buku tersebut tidak ada di toko buku Indonesia, akhirnya saya impor dari Inggris.  Kebetulan saya dapat edisi yang kedua yaitu “Social Marketing – Improving Quality Of Life”.

Pada buku tersebut menjelaskan tentang apa itu social marketing, perbedaannya dengan pemasaran secara umum. Namun secara prinsip yang saya tangkap memang orientasi pemasaran sosial tersebut fokus pada perubahan perilaku kelompok tertentu. Perubahan tersebut tentunya adalah perubahan ke arah yang lebih baik, bukan merusak secara masal.

Terdapat berbagai pada buku tersebut dijelaskan pula tahapan bagaimana merubah perilaku ke arah yang lebih baik. Mulai dari tahapan melihat permasalahan yang terdapat pada kelompok masyarakat tertentu. Kemudian menentukan inti masalah yang hendak dipecahkan, yaitu perilaku yang hendak diubah. Serta mengklasifikasi ke kelompok lebih spesifik untuk dipilih atau dijadikan sasaran social marketing tersebut, beserta strategi untuk merubah perilaku buruk menjadi ke perilaku yang lebih baik.

Dalam buku tersebut diberikan juga contoh riil yang bisa dijadikan pijakan. Contoh tersebut riil yaitu tentang permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bagaimana menerapkan teori dalam buku tersebut untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat.

Buku tersebut berbahasa Inggris, apabila Anda ingin mendapatkan buku tersebut bisa membeli di ebay atau amazon. Tapi sekarang bisa juga Anda beli di GOOGLE PLAY BOOK, harganya sekitar 400 ribuan. Kalau menggunakan GOOGLE PLAY BOOK, Anda tidak harus membelinya. Anda bisa membaca sample bukunya saja.

Kalau Anda ingin mendapatkan buku dari luar negeri yang murah Anda bisa membeli buku bekasnya (used book). Buku second rata-rata masih dalam kondisi bagus, dengan harga yang jauh dari harga baru. Harga buku second rata-rata $ 1 Hingga $ 10, belum ditambah ongkir sekitar $ 0 - $ 10. Ongkos kirim biasanya yang murah dari Inggris ke Indonesia, sehingga cari penjualnya yang orang Inggris.

1 comments so far

[…] http://www.sisidesa.com/2015/06/review-buku-social-marketing-philip-kotler-nancy-r-lee/ […]


EmoticonEmoticon