Teori Carl Rogers : terpusat pada pribadi ! Simak penjelasannya

Teori Carl Rogers - Carl Rogers merupakan salah satu tokoh dari psikologi humanistik. Rogers juga merupakan seorang terapis yang tidak terlalu suka teori. Oleh karenanya dia agak berbeda dengan terapis lainnya, jika yang lain mengatakan “apa yang menjadi seseorang berperilaku seperti ini?” Maka Rogers akan mengatakan “bagaimana saya bisa membantu orang ini?”.

Teori Carl Rogers
Teori Carl Rogers 


Pada tanggal 8 januari 1902, Carl Rogers lahr di Oak Park, Illionis. Rogers terkenal dengan metode  terapi yang dikembangkannya yakni  tak-mengarahkan (nondirective) atau yang dsebut dengan terapi berpusat pada clien (client-centered teraphy). Sebagai salah satu tokoh psikologi humanistik yang sangat mengahargai individu sebagai organisme yang potensial, Rogers mengemukakan 19 rumusan tentang hakikat pribadi (Self).

Adapun asumsi dasar dan struktur kepribadian dari Rogers sendiri.


Yakni bila pada asumsi dasar, maka dikenalkan dengan kecenderungan formatif dan kecenderungan aktualisasi. Pada kecenderungan formatif, Rogers berpendapat jika terdapat kecenderungan dari setiap hal, baik organik maupun non-orgnaik, untuk berevolusi dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks. Sedangkan aktualisasi yakni kecenderungan setiap manusia  (selain hewan dan tanaman) untuk bergerak menuju keutuhan atau pemuasan dari potensi.

Sedangkan dasar kepribadian Rogers diperoleh dari 19 rumusan hakikat pribadi Rogers yang dianggap paling mewakili. Yakni organisme, medan fenomena dan juga self.

Organisme sendiri yaitu makhluk hidup, manusia itu sendiri , sedangkan medan fenomena bisa juga dianggap sebagai pengalaman-pengalaman dari manusia dan Self  merupakan konsep pokok dari teori kepribadian Rogers, konsep self menggambarkan pandangan diri dalam kaitannya dengan pelbagai perannya dalam kehidupan dan dalam kaitannya dengan hubungan interpersonal.

Resource :

  1. (2014). Psikologi Kepribadian. Ed. Revisi. Malang:UMM Press.

  1. Feist, Jess & Feist J, Gregory. (2010). Teori Kepribadian: Theories of Personality. Jakarta:Salemba Humanika.