3 Tips mudah dalam membeli buku bekas secara online

Tips membeli buku bekas / buku yang sudah terpakai secara online. Belajar memang tidak harus dari buku, tapi dengan adanya buku akan memudahkan untuk belajar. Nah, bagi siapapun yang sedang melakukan study biasanya membutuhkan referensi buku. Tidak hanya bagi yang sedang study, tapi siapapun itu yang membutuhkan referensi buku.

membeli buku bekas


Tips membeli buku yang tidak tersedia di toko buku atau perpustakaan


Tapi masalahnya sering kali buku yang dibutuhkan tidak tersedia di toko buku atau pun diperpustakaan.  Hal ini biasanya dikarenakan buku yang dicari terbitnya sudah lama, atau memang tidak ada. Kalau memang terbitnya sudah lama, mungkin masih bisa di cari di berbagai perpustakaan.

Tips untuk mengangani masalah diatas adalah dengan mencari atau membeli buku di luar negeri. Tidak dapat menemukan buku dibutuhkan di toko buku atau perpustakaan bukan berarti buku yang sesuai dengan kebutuhan itu tidak ada. Masalahnya Anda mencari buku yang Anda butuhkan itu yang berbahasa Indonesia. Pertanyaannya, apakah Anda sudah mencari buku yang Anda butuhkan dengan bahasa asing? Misalnya bahasa Inggris.

Sehingga kalau buku yang Anda cari tidak tersedia di Indonesia, mungkin Anda bisa mencarinya di luar negeri dengan bahasa Inggris misalnya. Membeli buku di luar negeri bisa berupa buku cetak atau juga dalam bentuk ebook.

Sebagai referensi, mungkin Anda bisa membeli buku dalam bentuk cetak di ebay.com atau amazon.com. Sedangkan ebook, bisa dengan menggunakan Play Store yang ada dalam Gadget Android sehingga ebook ini hanya bisa di baca di Android atau juga melalui browser seperti google Chrome atau Mozila Firefox.


Tips membeli buku diluar negeri dengan harga yang murah


Namun masalah pencarian buku tidak hanya berhenti disitu. Ketika membeli buku di ebay, amazon, atau juga Play Store Android rata-rata buku dari luar negeri harganya rata-rata cukup mahal. Kalau di Indonesia buku dengan harga seratus ribu sudah bagus, mungkin di luar negeri bisa mencapai 500-600 Ribu (tergantung bukunya, kalau harga ini berdasar pengalaman penulis. hehehe). Belum lagi kalau ada biaya kirim ke Indonesia, terutama buku yang dalam bentuk cetak yang dibeli di ebay atau amazon. Kalau ebook di Google Play, meski bentuknya ebook tapi harganya juga hampir sama dengan buku dalam bentuk cetak.

Namun ada kabar gembira untuk kita semua, bahwa di luar negeri juga ada buku bekas atau istilahnya adalah “used book”. Buku bekas yang dijual dalam kondisi bagus, dan harganya sangat murah dibandingkan dengan buku barunya. Misalnya harga buku baru yaitu 60 Dollar, maka buku bekasnya sekitar 1-5 Dollar per buku. Tapi harus pintar-pintar memilih negara asal penjualnya, karena akan mempengaruhi biaya kirimnya. Misalnya buku harga 1 Dollar, maka ongkirnya bisa jadi lebih mahal misalnya 8 Dollar.

Tapi harus cermat dalam membeli di ebay atau amazon. Karena used book / buku bekas dengan harga 1 Dollar,  dan disebutkan disitu free shipping (bebas ongkir). Nah, free shipping tersebut biasanya berlaku di negara tertentu seperti Amerika. Dan penjual buku akan memberikan website mereka, untuk pengiriman internasional. Contohnya adalah abebooks.com

Kalau dihitung harga buku dan ongkos kirim bisa saja maximal 10 Dollar (anggap saja 100ribu), dibandingkan dengan buku barunya yaitu sekitar 500ribuan. Maka dengan begitu bisa melakukan penghematan dalam membeli buku. Ditambah lagi tidak kena pajak, karena pengeluaran untuk buku yang hanya 10 Dollar tidak terkena pajak. Kecuali beli buku dalam jumlah banyak dan harganya diatas 50 Dollar. Namun disini prinsip buku bukan baru atau bekasnya, tapi bagaimana menggunakan buku dengan bijak yaitu mengambil ilmu yang terdapat pada buku tersebut.

Tips membayar pembelian buku di luar negeri


Lagi-lagi masalahnya tidak berhenti disitu. Untuk membeli buku di ebay, amazon, atau Google Play Store tidak bisa menggunakan transfer bank lokal atau  tidak bisa menggunakan credit card yang ada di Indonesia. Biasanya untuk pembelian buku seperti ini bisa menggunakan paypal atau Anda bisa membuat virtual credit card (VCC).

Comments