Penyakit yang sering diderita anak kost atau mahasiswa

Penyakit yang sering diderita anak kost atau mahasiswa Secara umum mahasiswa yang memilih keluar dari rumah untuk kuliah ( bukan minggat ☺ ) biasanya memilih untuk hidup mandiri dan tinggal di tempat kost. Mahasiswa seperti ini biasanya memilih untuk kuliah di luar kota. Atau juga mahasiswa yang masih dalam kota yang sama, tapi lokasi kampus jauh dari rumah. Mahasiswa seperti ini biasanya disebut dengan anak kost.

Penyakit yang sering diderita anak kost atau mahasiswa
Penyakit yang sering diderita anak kost atau mahasiswa 


Anak kost sebagai anak perantauan yang hidup sendiri dan jauh dari pengawasan dan perawatan dari orang tua langsung, terkadang kurangnya kemandirian untuk bertanggungjawab pada diri sendiri, dan juga dengan alasan banyaknya tugas yang harus dikerjakan dengan deadline membuat banyak anak kost yang berapa di semester muda atau tua memiliki akibat alasan-alasan diatas, sehingga hal ini sampai menyebabkan beberapa hal penyakit yang umum diderita oleh anak kost.


Penyakit yang sering diderita anak kost atau mahasiswa 


  • Maag. Penyakit ini sering diderita anak kost dengan berbagai alasan, karena tugalah, karena organisasi, karena lupa makan, karena tidak terbiasa (jarang) makan pagi, dan sebagainya. Padahal kesehatan itu penting, dari maag bisa saja akan menyebabkan penyakit lain, misalkan saja typus atau tipes.
  • Typus atau yang biasa disebut tipes. Penyakit ini menyerang usus kecil dan usus besar. Kecapean dan pola makan biasanya dijadikan faktor utama penyakit typus / tipes Sehingga, istirahat juga perlu, jangan memforsir tenaga, dan jangan lupa pola makan itu sangat penting dan berpengaruh pada daya tahan tubuh kita.
  • Demam, batuk, dan pilek. Sakit ini biasanya sering jugamenyerang anak kost ketika daya tahan tubuh kurang, terlalu capek dan juga pada saat musim-musim tertentu. Memang bukan suatu penyakit yang parah sekali, namun sakit in juga bisa sangat menganggu aktivitas sehari-hari dikarenakan suhu badan yang tinggi, dan juga pusing yang bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi.
  • Kanker (kantong kering) alias bokek karena uang jatah sudah habis sebelum waktunya. Sebagai anak kost, memiliki manajemen keuangan itu sangatlah penting. Adanya dana darurat juga perlu disiapkan agar sewaktu-waktu bila dibutuhkan itu ada. Adanya banyak godaan anak kost seperti hangout dengan teman, jajan yang berlebihan dan juga keperluan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang tidak dapat diprediksi setiap pengeluarannya, dan juga adanya kebutuhan pokok juga yang mengahbiskan beberapa rupiah yang tidak pasti disetiap bulannya membuat anak kost harus belajar hemat, pintar dalam mengolah uang sakunya.


Menjaga kesehatan dan bertanggungjawab kepada diri sendiri sangatlah penting untuk besok dan juga masa depan. Karena diri kita sendiri yang mampu mengendalikan tubuh dan juga berbagai hal dan kegiatan yang bermanfaat pada hari-hari selanjutnya.