Mengenal lebih dekat varietas bebek Mojosari

Bebek Mojosari - Kalau berbicara tentang kuliner, saat ini memang sangat banyak muncul berbagai macam kuliner. Baik yang berbentuk rumah makan atau hanya berupa kaki lima. Salah satu kuliner yang berkembang adalah olahan atau masakan bebek. Contoh yang paling banyak dikenal adalah bebek goreng atau bebek bakar, yang bisa di jumpai dalam bentuk warung kaki lima dan restoran.

 bebek Mojosari
 bebek Mojosari


Mengenal lebih dekat varietas bebek Mojosari


Namun pernah kah Anda memikirkan dari mana dan bagaimana asal mula bebek yang Anda makan dalam bentuk olahan digoreng atau dibakar?

Kami pernah mencari dalam penjual bebek di google, dan banyak muncul website dan blog yang menjual bebek dalam bentuk siap konsumsi, telur bebek, dan anak bebek untuk diternak. Dan mayoritas yang mendominasi adalah jenis bebek Mojosari.

Tahukan Anda Mojosari itu apa? Sebenarnya Mojosari adalah salah satu wilayah yang ada di Kabupaten Mojokerto, yaitu kecamatan Mojosari. Sampai menjadi dijadikan nama / jenis bebek, karena memang di Mojosari banyak peternakan bebek dan sebagai salah satu pemasok kebutuhan bebek di Indonesia.

Yang terkenal terutama di Desa Modopuro Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.  Mayoritas masyarakat hidup sebagai peternak. Baik itu sebagai pemilik ternak, atau juga pegawai dalam peternakan disana.

Peternak memiliki variasi produk yang dijual. Ada yang menjual bebek siap konsumsi, yaitu bebek besar yang siap di sembelih dan di olah. Ada juga yang menjual telur bebek baik dalam kondisi mentah ataupun dalam bentuk telur asin. Dan yang tak kalah menarik adalah penetasan telur bebek, yang nantinya untuk dibesarkan.

Diambil dari salah satu artikel ayogitabisa.com menjelaskan bahwa Rifai, salah seorang peternak di desa ini mengatakan hampir setiap hari ribuan bibit itik Mojosari terbang ke berbagai daerah di Indonesia. Ucapan ini bukan sekedar candaan, tapi memang itulah kenyataannya. Dari peternak, bibit-bibit itik yang baru berumur sehari dimasukan ke dalam box kardus berlubang kecil-kecil. Setelah rapi memastikan mereka cukup bisa bernafas, deretan box itik pun diantar ke ke Bandara Juanda Surabaya. Mereka pun siap diterbangkan ke berbagai daerah. Bisa ke Sumatera atau Kalimantan. Para peternak selalu mengingatkan agar para pemesan segera menjemput bayi-bayi itik ini di bandara daerah tujuan pemesanan. Karena mereka hanya bisa tahan tak lebih dari dua hari sejak pengiriman.

Mojosari merupakan daerah Kabupaten Mojokerto, yang letaknya dekat dengan Surabaya ataupun Sidoarjo Jawa Timur. Kalau dari Surabaya bisa diakses dengan mobil atau motor dengan waktu sekitar 1 Jam.