Mengenal bitcoin yang merupakan mata uang virtual

Mengenal bitcoin Bagi yang menggeluti bisnis online pasti butuh alat transaksi baik untuk menerima dana ataupun mengirimkan dana. Selama ini pembayaran yang terkenal dan banyak digunakan oleh pelaku bisnis online adalah dengan menggunakan paypal atau credit card sebagai alat untuk mengirim dan menerima dana. Namun cara umum baik dengan paypal atau credit card menggunakan mata uang yang diterbitkan oleh negara, seperti rupiah USD,  Yen, Euro, dan lainnya.

Bitcoin adalah mata uang virtual yang perlu Anda ketahui


Mengenal bitcoin yang merupakan mata uang virtual 


Daftar Bitcoin disini 

Disini kami mencoba untuk memberikan informasi mata uang virtual yang tidak terbatas wilayah negara, yaitu BITCOIN. Tapi apa sebenarnya BITCOIN itu ? Berikut adalah penjelasannya.

Bitcoin adalah bentuk mata uang yang bersifat virtual. Bitcoin digunakan untuk transaksi online yang tidak terbatas wilayah negara. Dengan kata lain, Bitcoin serupa seperti uang tunai di dunia internet.

Bitcoin tidak lebih dari aplikasi ponsel atau program komputer yang menyediakan dompet Bitcoin dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima bitcoin. Inilah cara Bitcoin bekerja untuk sebagian besar pengguna.

Dalam menggunakan bitcoin untuk melakukan transaksi juga ada positif dan negatifnya. Positifnya adalah (klik halaman berikutnya)


  • memudahkan Anda untuk mengirim dan menerima uang secara instan di manapun dan kapanpun. Tidak ada libur bank. Tidak ada batas negara. Tidak ada batasan yang diberlakukan. Bitcoin memberikan penggunanya kontrol penuh atas uang mereka.

  • Pembayaran Bitcoin saat ini diproses tanpa biaya atau dengan biaya yang sangat rendah. Biaya yang diperlukan jauh lebih rendah dibanding jaringan kartu kredit maupun PayPal.

  • Melindungi penjual dari kerugian akibat penipuan atau kecurangan chargeback, serta tidak perlu penyesuaian PCI. Karena Transaksi Bitcoin sangat aman, tidak bisa dibatalkan, dan tidak mengandung informasi pribadi atau sensitif dari pelanggan.

  • Pembayaran dengan Bitcoin bisa dibuat tanpa menyertakan identintas pribadi untuk proses pembayarannya. Hal ini memberikan perlindungan yang kuat dari para pencuri identitas. Pengguna Bitcoin juga bisa melindungi uang mereka dengan pencadangan dan enskripsi.

  • Semua informasi terkait suplai uang Bitcoin telah tersedia dalam rantai-blok bagi siapa saja yang ingin memverifikasi atau menggunakannya secara waktu-nyata.

Sedangkan kelemahan dalam penggunaan Bitcoin adalah


  • Banyak orang masih belum menyadari keberadaan Bitcoin. Setiap hari, makin banyak bisnis yang menerima bitcoin karena mereka menginginkan keuntungan dari penggunaan bitcoin, namun tetap saja daftar pengguna masih sedikit dan perlu bertumbuh untuk mendapat keuntungan dari efek jaringan.

  • Nilai total dari bitcoin yang beredar dan jumlah bisnis yang menggunakan Bitcoin masih sangat kecil dibanding yang semestinya. Karena itu, acara-acara kecil, perdagangan, ataupun aktivitas bisnis dapat secara signifikan mempengaruhi harga bitcoin. Secara teori, volatilitas ini akan berkurang seiring berkembangnya pasar dan teknologi Bitcoin. Sebelumnya tidak pernah ada mata uang yang diciptakan sendiri, sehingga sangat sulit (dan menarik) untuk membayangkan perkembangan apa yang akan terjadi selanjutnya.

  • Perangkat lunak Bitcoin masih dalam versi beta dengan banyak fitur tidak lengkap yang masih dikembangkan secara aktif. Perangkat, fitur, dan layanan baru tengah dikembangkan untuk membuat Bitcoin lebih aman dan mudah diakses publik. Beberapa pengembangan ini masih belum siap untuk semua orang. Sebagian besar bisnis Bitcoin masih tergolong baru dan belum menawarkan asuransi. Secara umum, Bitcoin masih dalam proses pendewasaan.

Cara mendapatkan Bitcoin


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bitcoin, diantaranya adalah dengan melakukan membeli bitcoin pada orang lain atau penyedia bitcoin. Tapi dengan cara begitu Anda harus memiliki modal untuk membeli bitcoin terlebih dahulu. Dan nilai bitcoin juga fluktuatif atau naik turun, sehingga harus berhati-hati dalam jual beli bitcoin karena bisa berdampak pada kerugian.

Meskipun masih mungkin untuk menemukan individu yang berniat menjual bitcoin untuk ditukar dengan pembayaran kartu kredit ataupun PayPal, sebagian besar transaksi tidak mengizinkan pembayaran melalui metode-metode tersebut. Hal ini dikarenakan kasus-kasus di mana seseorang membeli bitcoin menggunakan PayPal, lalu membatalkan separuh transaksi mereka. Kasus seperti ini biasanya disebut "chargeback".

 Selain itu cara yang biasa digunakan untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan menerima kiriman bitcoin sebagai alat pembayaran. Misalnya Anda menjual produk tertentu di Internet, dan Anda menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran. Maka secara otomatis nantinya Anda bisa mendapatkan bitcoin dari konsumen Anda.

Dan banyak lagi cara untuk mendapatkan bitcoin. Termasuk yang banyak beredar di Internet, misalnya dengan dengan memasang iklan di blog. Maka tiap pengunjung blog yang melakukan klik pada iklan, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan bitcoin. Atau juga survey berbayar, dan banyak lagi.

Cara membuat akun bitcoin


Jika Anda berminat untuk menggunakan bitcoin sebagai mata uang dalam bertransaksi, mungkin Anda bisa menggunakan bitcoin.co.id yang menggunakan rupiah sebagai mata uang riil. Dan bisa menggunakan bank nasional seperti BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan lainnya.

Kalau menurut kami dengan menggunakan bitcoin.co.id memiliki kemudahan karena sesuai dengan mata uang kita yaitu rupiah. Sehingga tanpa harus ribet untuk membeli atau mencairkan bitcoin.

 Melalui bitcoin.co.id Anda bisa melihat harga jual beli bitcoin. Harga bisa berubah sewaktu-waktu, dan Anda bisa memantau setiap saat ketika ingin menjual atau membeli bitcoin.

 Dikutip dari kompas.com, CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan sedikit berbagi tips aman untuk menghindari resiko kerugian karena kehilangan bitcoin.

 Pengelola salah satu bursa Bitcoin terbesar di Indonesia ini mengungkapkan bahwa dia membikin print-out dompet Bitcoin dalam bentuk tercetak. "Lalu, agar aman, cetakan tersebut kami simpan dalam safety deposit box," kata Oscar ketika ditemui usai acara gathering Indonesia Bitcoin Community di Jakarta, Sabtu (18/1/2014) kemarin.

 Untuk melindungi wallet online, password yang kuat bisa digunakan. Dapat pula ditambahi layanan otentikasi dua-faktor macam Google Authenticator yang seringkali ditawarkan oleh dompet berbasis web. Backup wallet juga diperlukan untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan server bermasalah atau komputer/hard disk rusak.

Comments