Apakah website Anda sudah ramah ponsel / Mobile Friendly ?

Website mobile friendly ramah ponsel - Kami mendapatkan pemberitahuan dari Google, bahwa mulai tanggal 21 April 2015 Google akan mengubah sistem pencarian. Perubahan sistem pencarian Google Search yaitu akan mempertimbangkan website atau blog yang penggunaannya ramah dengan ponsel (moblie) dengan istilah mobile friendly.

Website mobile friendly ramah ponsel
Website mobile friendly ramah ponsel 



Alasan Google merubah sistem pencariannya yaitu karena semakin banyaknya orang yang mengakses internet dengan menggunakan ponsel (mobile). Sehingga Google Search menyesuaikan algoritma untuk membantu pengguna ponsel untuk menemukan dan mengakses website atau aplikasi bisa diakses melalu ponsel mereka.

Dikutip dari adsense.blogspot.com, bahwa perubahan tersebut akan mempengaruhi pencarian ponsel dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan dalam hasil pencarian Google. Pengguna Google akan lebih mudah untuk mendapatkan yang hasil pencarian relevan, hasil pencarian yang berkualitas yang dioptimalkan untuk perangkat mereka.

Design website yang mobile-friendly akan mempengaruhi rangking pencarian di Google. Sehingga bagi website yang belum menggunakan design mobile friendly, maka mungkin informasi ini akan berguna untuk segera melakukan perbaikan pada website.

Apakah website Anda sudah ramah ponsel / Mobile Friendly

Keuntungan bagi penyedia website atau blog dengan adanya perubahan ini adalah meningkatkan pengunjung. Karena website yang menggunakan design mobile-friendly akan bisa diakses di berbagai perangkat seperti desktop atau juga ponsel. Secara otomatis jangkauan webiste tersebut akan semakin luas.

Apabila situs atau website sudah menggunakan design mobile-friendly, tapi alangkah baiknya dilakukan pengecekan ulang menggunakan perangkat yang disediakan oleh Google untuk melakukan pengecekan apakah website tersebut mobile-friendly atau tidak.

Cek website Anda disini : mobile friendly test

Bagi website yang belum menggunakan design mobile-friendly, berikut adalah panduannya (panduan mobile-friendly).

Pesan dari Google
Ponsel sangat penting untuk bisnis Anda dan akan terus begitu. Pastikan pengunjung dapat memiliki pengalaman yang baik di situs Anda ketika mereka berkunjung dari perangkat mobile mereka.

Comments