Pepaya Calina asli Indonesia, dikenal sebagai pepaya california


Siapa yang tidak tahu buah pepaya, terutama di Indonesia buah pepaya tidak asing lagi bahkan bisa tumbuh subur di Indonesia. Biasanya pepaya bisa ditemukan tumbuh liar di pedesaan, tapi kalau di kota mungkin jarang. Sehingga untuk membeli pepaya di kota harus dipasar atau supermarket. Biasanya di pasar atau supermarket banyak dijumpai pepaya dengan istilah pepaya California. Yang pasti para konsumen mempersepsi bahwa itu adalah pepaya impor dari California, Amerika Serikat.

Pepaya Calina asli Indonesia, dikenal sebagai pepaya california


Namun, apakah Anda tahu kalau pepaya California tersebut adalah pepaya yang ditemukan seorang perempuan kelahiran Ponorogo Jawa Timur ? Dengan melakukan penelitian IPB 9 sebagai produk pepaya asli anak bangsa di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Oleh penemunya nama asli pepaya tersebut bukan pepaya California, tapi pepaya Calina (IPB 9). Menurut penuturan penemunya Prof.Dr.Sriani Sujiprihati di Republika Online, bahwa penamaan pepaya Calina menjadi pepaya California bukan dilakukan oleh penemunya tapi penamaan tersebut dilakukan oleh pedagangnya.

Pepaya Calina (IPB 9) adalah papaya yang ditemukan oleh Prof. Dr. Sriani Sujiprihati dengan kriteria papaya unggul yang memiliki umur panen genjah dan keragaan kerdil. Prof. Dr. Sriani dan timnya melakukan breeding atau pemuliaan dan melakukan penelitian serta uji coba selama tujuh tahun sebelum akhirnya melahirkan varitas yang dinamakan calina. (blst.co.id)

Pepaya Calina atau pepaya California ini memiliki ukuran yang pendek agar mudah dalam perawatannya  dan pemanenan. Dan karena ukurannya relatif kecil tersebut, akhirnya pepaya Calina memiliki fungsi lain yaitu sebagai tanaman hias yang bisa ditanam ditaman atau pekarangan rumah.

Pepaya Calina memiliki keunggulan buahnya berbentuk buah silindris seperti peluru, warna kulit buah hijau dan mulus, rasa buah manis, warna daging buah jingga, daging buahnya tebal dan renyah, daya simpan lama (lebih dari satu minggu), Dan Umur tanaman genjah.

Comments

Naomi said…
terima kasih pak admin.. hehe iyah kebayang kok tiap tahun mesti nbaamh ribuan blog buat mahasiswa baru, kalo pake 1 database kesian juga, hehe.. mudah2an dgn 4K database blog student IPB performanya lebih bagus n gak ngeberatin server.. (jadi.pengen.ngeblog.lagi.nih) Reply