Dampak melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap pelaku bisnis online


sisidesa.com - Kami mencoba untuk update kurs dollar melalui google, dan pada hari ini (14/3/2015) nilai tukar Rupiah terhadap dollar mencapai 13.238,50 per Dollar Amerika. Memang angka tersebut begitu tinggi, tapi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika tersebut memiliki dua sisi bagi pelaku bisnis online. Disamping memberikan efek negatif bagi bisnis online, tapi hal tersebut juga memberikan sisi positif. Sehingga disinilah pelaku bisnis online yang menggunakan dollar, apakah harus bersedih atau senang ketika nilai tukar Rupiah terhadap Dollar terus melemah.

Dampak melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap pelaku bisnis online


Perlu dibatasi efek yang terjadi ini mungkin tidak berlaku pada semua pelaku bisnis online. Tapi cenderung pelaku bisnis online yang menggunakan dollar sebagai alat transaksinya, bisa jadi gajinya menggunakan dollar atau membeli produk barang / jasa dengan menggunakan Dollar.


Efek negatif melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar bagi pelaku bisnis online


Pelaku bisnis online yang menggunakan dollar untuk transaksi pembelian produk barang/jasa pasti merasakan imbas. Misalnya dalam pembelian hosting, domain atau keperluan website di Godaddy.com atau Hostgator.com maka harus membayar lebih mahal dari biasanya karena harga bisa naik atau turun tergantung kurs rupiah terhadap Dollar.

Hal ini berlaku juga ketika kita melakukan pembelian barang di ebay.com atau amazon.com . Yang rutin membeli barang di amazon atau ebay untuk dijual lagi di Indonesia maka harus mengeluarkan uang lebih untuk ditukarkan dengan US Dollar untuk melakukan pembayaran di ebay atau amazon. Sisidesa.com


Cara mengatasi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar


Namun hal ini sebenarnya bisa disiasati, misalnya memiliki saldo paypal dalam bentuk US Dollar dalam jumlah banyak. Atau juga dalam penggunakan credit card dari payoneer.com atau juga entropay.com yang akan memudahkan transaksi ketika nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika menurun. Sehingga sejak awal sudah diantisipasi dengan memiliki cadangan Dollar Amerika di credit card atau akun paypal. Maka ketika nilai tukar Dollar terhadap Rupiah naik, pelaku bisnis online tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi karena masih memiliki cadangan Dollar.


Efek Positif melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar bagi pelaku bisnis online


Berbeda dengan yang harus mengeluarkan uang untuk transaksi dalam bentuk Dollar. Pelaku bisnis online terutama pada publisher atau afiliasi online yang dibayar dengan menggunakan Dollar, akan merasakan dampak positif kalau harga Dollar naik.

Misalnya Publisher Google Adsense yang dibayar oleh Google tiap bulan dalam bentuk Dollar. Ketika melakukan pencairan dana ke western union dalam bentuk Rupiah, maka mereka akan mendapatkan uang rupiah yang lebih. Karena memang gaji yang dibayarkan Google ke para publisher Google Adsense tersebut dalam bentuk Dollar Amerika, sehingga wajar ketika pencairan dana dalam bentuk rupiah maka jumlah yang dibayarkan juga akan naik. Hal tersebut juga berlaku untuk program afiliasi dengan amazon, mengikuti survey online yang dibayar. Karena pembayaran yang dilakukan dengan bentuk Dollar.

Namun meski demikian belum pasti menyenangkan juga mendapatkan ketika mencairkan Dollar ke Rupiah saat nilai rupiah terhadap Dollar Amerika menurun. Semisal ketika penurunan nilai tukar rupiah tersebut berdampak pada naiknya barang-barang di tanah air, maka gajinya memang bertambah tapi harga barang juga naik. Hehehe J