Fakta Otak tua pada fungsi otak manusia


Inti otak kita juga disebut sebagai otak tua. Kapabilitas dari otak manusia memang melebihi otak dari spesies lain yang pernah ada. Dan manusia juga telah membagi fungsi dasar otaknya menjadi beberapa bagian, diantaranya aalah untuk tidur, makan, minum, dan bernapas. Itu semua diatur dalam bagian pusat otak, yang disebut cukup mirip dengan semua spesies vertebrata. Pusat otak atau otak tua karena jika ditelusuri, maka kembali pada 500 juta tahun yang lalu pada struktur yang primitif, yang ditemui pada spesies non manusia. 

Fakta Otak tua pada fungsi otak kita


Jika dibahas dalam alat gerak manusia, melalui sumsum tulang belakang dari dasar tengkorak ke bagian otak, maka akan kita temui beberapa struktur, diantaranya adalah hindbrain yang meliputi medula yaitu berfungsi untuk mengontrol kritis tubuh, misalnya adalah bernapas. Yang kedua adalah pons yang menggabungkan belahan antara serebelum ini berfungsi untuk penyeimbang bagian tubuh kita, antara kerja otak kanan dan kiri. Dan yang terakhir adalah serebelum yang berfungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh kita dan juga ikut terlibat dala fungsi intelektual, misalnya adalah menganalisis, mengkordinasi informasi sensorik dan problem solving capability. Serebelum ini terletak diatas medula dan dibelakang pons,

Dalam medula pada hindbrain, juga terdapat bagian yaitu formasi retikular yang dalam prosesnya melewati pons dan otak tengah menuju ke bagian paling depan otak dapat disebut dengan forebrain. Adapula bagian yang tersembunyi di bagian otak depan yaitu thalamus, yang berperan sebagai penyalur dan persepsi alat indra manusia. Adapula bagian dibawah thalamus, yaitu hipothalamus yang sangat kecil berukuran sekitar seruas jari, namun memiliki peran yang sangat penting. Diantaranya adalah menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dan juga mengatur perilaku vital, makan, minum dan seksual.


EmoticonEmoticon