Andropause lelaki : penyebab pria kawin lagi ?



Andropause lelaki : penyebab pria kawin lagi ?


Andropause lelaki . Jika semua para wanita pasti akan mengalami menopause, maka, laki-laki akan mengalami yang disebut dengan andropause atau mid-life crisis. Hal ini memang tidak membuat laki-laki berhenti mengeluarkan sperma secara permanen, namun membuat laki-laki  akan mengalami seperti libido berkurang, disfungsi ereksi, rambut rontok, menjadi pelupa, insomnia, sendi pegal linu, berat badan meningkat dan sebagainya. Namun ciri-ciri sebelumnya terkadang jarang disadari oleh para lelaki, dan juga terkadang pada setiap lelaki mengalami ciri-ciri yang berdeda. Ciri-ciri tersebut dialami laki-laki kira-kira sejak berusia 40 tahunan.

Dam usia sekitar 40 tahuhan, laki-laki yang mengalami ciri-ciri andropause akan mengalami sikap dan perilaku yang aneh, misalkan ingin menikah lagi dengan wanita yang jauh lebih muda dan menceraikan istrinya, atau membelikan uangnya dengan barang-barang mewah, misalnya  mobil terbaru atau menambah mobil dengan membeli mobil yang lebih bagus. Pada masa andropause, laki-laki megalami fluktuasi atau naik turunnya hormonal, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan psikologis dan emosional. Pada laki-laki yang andropause, akan mengalami berkurangnya hormon testosteron, dan hormon kewaanitaannya akan meningkat (hormon yang ada pada tubuh laki-laki dan wanita), hormon estrogen akan meningkat pula, sehingga dapat menyebabkan laki-laki semakin gendut saat tua, alkoholik dan sebagainya.

Perbedaan menopause pada wanita dan andropause pada laki-laki adalah wanita akan menyadarinya, dan akan tetap menjaga kesehatan fisiknya dan psikisnya, sehingga tidak menikah lagi atau memiliki hubungan lain. Jika pada laki-laki yang mengalami andropause, mereka tidak menyadari gejala-gejala yang muncul dalam dirinya, sehingga dapat mengakibatkan merusak diri maupun keluarganya.

Comments