Segera kenali Menopause pada perempuan, simak penjelasannya !!


Menopause pada perempuan. Menopause bisa juga disebut dengan berhentinya haid atau menstruasi pada wanita. Hal ini pasti terjadi pada setiap wanita ketika pada pertengahan dewasa menengah, yaitu sekitar usia 50 tahunan. Meskipun menopause ini bukan sebuah penyakit, namun wanita perlu untuk mengenali gejala yang akan timbul, sehingga wanita siap secara fisik dan psikisnya dalam menghadapinya. Gaya hidup yang sehat beserta makanan yang dikonsumsi dapat membantu wanita dalam meghadapi menopause secara fisik.

Segera kenali Menopause pada perempuan, simak penjelasannya !!


Tahukah anda, bahwa menopause menyebabkan hilangnya hormon estrogen dan hormon progesteron. Namun sebelum itu, ada beberapa ciri-ciri sebelum menopause diantara adalah keringat berlebihan di malam hari, uring-uringan, insomnia, vagina kering dan juga pegal linu. Semua itu terjadi karena adanya perubahan hormon dalam diri wanita, yang kadarnya turun seiring bertambahnya usia. Ciri-ciri sebelumnya itu biasanya terjadi 10 tahun sebelum seorang wanita mengalami menopause.

Pada saat benar-benar menopause, wanita akan berhenti haid atau menstruasi selama satu tahun penuh, fase inilah yang disebut dengan menopause. Setelah menopause, wanita sudah tidak lagi memmiliki hormon-hormon kewanitaan lagi. Dengan hilangnya hormon-hormon itu, maka anda akan lebih memungkinkan terkena penyakit degeneratif misalnya stroke, kanker, osteoporosis diabetes dan lain sebagainya. Sehingga, anda harus merubah pola hidup anda yang lama yang mungkin tidak sehat, menjadi pola hidup yang pro kesehatan fisik dan psikis. Dengan olahraga teratur, memakan makanan yang sehat, buah dan sayuran, serta menghindari rokok dan alkohol.