Ini manfaat jahe merah sebagai anti nyeri alami


Manfaat Jahe Merah - Sebagai manusia pasti kita semua memiliki bagian tubuh yang dinamakan Otot. Nah, terkadang otot itu mengalami permasalahan seperti rasa nyeri otot yang pernah kita rasakan. Banyak orang yang memiliki pengalaman nyeri otot, dan pasti berbeda-beda latar belakang terjadinya nyeri tersebut. Termasuk cara untuk mengobati nyeri otot yang diderita.

Ini manfaat jahe merah sebagai anti nyeri alami


Solusi yang paling sering digunakan orang untuk mengatasi nyeri otot adalah dengan menggunakan obat-obatan kimia untuk anti nyeri atau obat kimia lainnya. Padahal penggunaan obat anti nyeri seperti itu dalam jangka panjang dapat mengakibatkan berbagai efek samping, yaitu gangguan saluran cerna, kerusakan pada ginjal, dan gangguan kardiovaskuler.

Namun, pernah kah berfikir untuk memanfaatkan potensi yang ada di Indonesia untuk mengatasi nyeri otot? Karena dari alam Indonesia ternyata tersedia obat alami untuk nyeri Otot, yaitu Jahe. Terutama Jahe merah, yang terkenal memiliki kualitas paling baik diantara jenis jahe yang lain.

Berbagai manfaat jahe merah yang telah diketahui selama ini antara lain sebagai obat gangguan pencernaan, analgesik, antipiretik, antiradang, antiemetik, antirematik, meningkatkan ketahanan tubuh, mengobati diare, dan juga memiliki sifat antioksidan yang aktivitasnya lebih tinggi daripada vitamin E.

Efek antiradang jahe merah dikarenakan komponen aktifnya, yaitu gingerol, gingerdione, dan zingeron yang menghambat prostaglandin dengan cara menghambat enzim siklooksigenase. Selain itu jahe juga mampu menghambat enzim lipoksigenase. Hal itu akan mengakibatkan penurunan leukotrien dan prostaglandin yang merupakan mediator radang. Efek tersebut sama dengan efek antiradang dari asam mefenamat atau obat anti nyeri lain.

Terima Kasih sudah membaca artikle kami, kalau menurut Anda bermanfaat tolong bagikan melalui facebook, twitter, google+ dan social media yang lain.  Jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini :)