Gimana itu Psikologi umum? Simak penjelasannya disini


Psikologi umum merupakan induk dari berbagai spesifikasi cabang ilmu psikologi itu sendiri. Cabang khusus dari psikologi umum diantara laina dalah psikologi fisiologi dan eksperimental, psikologi kepribadian, psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi industri dan organisasi atau PIO, psikologi pendidikan dan sekolah, psikologi klinis, dan psikologi yang muncul di lapangan secara khusus.

Gimana itu Psikologi umum? Simak penjelasannya disini


Dari beberapa spesifkasi diatas berdasarkan ilmu dan kebutuhan di lapangan, anda akan menemukan dasar-dasar atau induk pengetahuan itu di dalam psikologi umum itu sendiri. Jadi psikologi umum tidaklah sebagai ilmu psikologi yang khusus, tetapi menjadi induk dari spesialisasi bidang pada psikologi itu sendiri. Dan tidak hanya berisikan ilmu-ilmu itu saja, tetapi dalam psikologi umum juga akan anda dapatkan mengenai methode penelitian, pengetahuan umum mengenai humaniora, belajar, etika dalam bereksperiman, moral, nilai, etiket dalam psikologi itu sendiri dan sebagainya, termasuk beberapa ilmu yang ada dalam spesifikasi psikologi itu sendiri. Yang pastinya tiap bahasan dalam psikologi umum akan di bahas lebih dalam, mendetail dan mendasar pada spesifikasi tiap cabang ilmu psikologi itu sendiri.

Psikologi, sekali lagi saya ingatkan, jangan kaget bila anda akan menemukan ilmu biologi, statistika, matematika, sosiologi, dan sebagainya yang terdapat pada ilmu alam dan sosial bagi anda yang akan masuk dan memilih jurusan psikologi, terutama pada siswa SMK. Karena mungkin hal diatas tidak anda temui selama anda belajar di sekolah menengah kejuruan anda. Namun jangan khawatir dan takut, psikologi itu asyik kok. Kalau anda ingin tahu apa saja yang akan dipelajari dalam psikologi itu, mungkin anda harus membaca psikologi umum terdahulu untuk lebih membuka wawasan anda pada bagian awal di ilmu psikologi itu sendiri.

Terima Kasih sudah membaca artikle kami, kalau menurut Anda bermanfaat tolong bagikan melalui facebook, twitter, google+ dan social media yang lain.  Jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini :)

Comments