Beginilah Kasus Chikungunya Yang Terjadi Di Amerika


Penyakit DBD / Demam berdarah atau Chikungunya mungkin kerap terdengar di Indonesia. Namun pernahkah Anda membayangkan bagaimana polemik tentang penyakit itu di Amerika ? Berikut adalah informasinya.

Beginilah Kasus Chikungunya Yang Terjadi Di Amerika


Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC mengeluarkan pernyataan tentang kesehatan wisata bermuda. CDC menyarankan wisatawan yang datang ke tempat wisata Bermuda untuk melindungi diri dari Chikungunya dengan mengindari atau mencegah gigitan nyamuk.

CDC ini juga mengatakan bahwa pada bulan Desember 2014 lalu. Bermuda melaporkan indikasi adanya Chikungunya. Hal ini menunjukan bahwa nyamuk di daerah tersebut terinfeksi Chikungunya dan menyebarkan manusia, Ini adalah pertama kalinya penularan Chikungunya yang dilaporkan di Bermuda. Kasus Chikungunya juga dilaporkan di beberapa negara seperti Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

CDC menyarankan wisatawan yang berkunjung ke Bermuda untuk melindungi diri dari Chikungunya dan mencegah agar tidak digigit nyamuk. Beberapa wisatawan lebih berpotensi terserang Chikungunya. Namun The U.S. Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan wisatawan yang beresiko tinggi terserang penyakit ini untuk memikirkan lagi dan membahas rencana perjalanan mereka dengan pelayanan kesehatan.

Namun Departemen Kesehatan Bermuda menepis hal tersebut dan CDC diminta informasi itu dihapus.

Pada 2014, ada tiga kasus Chikungunya di Bermuda yaitu tiga orang wisatawan terinfeksi Chikungunya, karena mereka melakukan perjalanan ke negara yang terkena Chikungunya di Karibia. Investigasi yang dilakukan menyimpulkan bahwa tidak ada penyebaran virus lokal Chikungunya seperti yang telah dilaporkan di Bermuda.

Tidak perlu khawatir terhadap penderita Chikungunya, karena penyakit ini tidak menular dari orang ke orang melalui kontak langsung, tapi jika ada orang yang terkena penyakit ini dan digigit nyamuk, kemudian nyamuk itu menggigit Anda maka Anda bisa tertular. Sehingga penyebabnya atau penyebarannya melalui gigitan nyamuk.

Untuk mencegah penyebaran penyakit, orang dengan penyakit chikungunya harus ekstra hati-hati untuk menghindari hinggapan nyamuk.

Infeksi jarang berakibat fatal, tetapi dapat menyebabkan sakit parah sendi, demam tinggi, kepala dan nyeri otot, sendi bengkak dan ruam. Gejala biasanya mulai 3-7 hari setelah digigit oleh nyamuk. Tidak ada vaksin atau pengobatan untuk virus. Kebanyakan orang merasa lebih baik dalam waktu seminggu, meskipun beberapa orang dapat merasakan nyeri sendi dalam waktu jangka panjang.

Cara terbaik untuk mencegah kehadiran nyamuk di sekitar adalah dengan meningkatkan kewaspadaan seperti mengosongkan air / menguras air secara berkala pada ember, pot tanaman, atau dimanapun ada air menggenang. Karena ditempat itu nyamuk berkembang biak. Selain itu juga harus menjaga kebersihan, seperti iklan ti TV yaitu gerakan 3 M.

Catatan : Bermuda adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudra Atlantik bagian utara. Letaknya sekitar 933 km dari pesisir Carolina Utara, Amerika Serikat. Wilayah yang terdiri dari 138 pulau ini dibagi menjadi 10 lingkungan (parish) dan 2 munisipalitas. (wikipedia)

Terima Kasih sudah membaca artikle kami, kalau menurut Anda bermanfaat tolong bagikan melalui facebook, twitter, google+ dan social media yang lain. Jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini :)


EmoticonEmoticon