Mempelajari sekilas tentang psikologi Perkembangan


Psikologi perkembangan atau development of psychology merupakan salah satu dari cabang ilmu psikologi itu sendiri. Di psikologi perkembangan, Anda akan menemukan dan mempelajari seluruh perkembangan manusia dari masa prenatal hingga kematian. Rentang dari klasifikasi usia manusia akan dibahas pada psikologi perkembangan ini. Jika dimulai dari pembuahan adanya masa prenatal, masa bayi, masa kanak-kanak awal. Masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, masa remaja, masa dewasa awal, masa dewasa menengah, dan masa dewasa akhir yang berusia 60 tahun ke atas, serta kematian, menjelang ajal dan berduka.

Mempelajari sekilas tentang psikologi Perkembangan


Dari psikologi perkembangan juga, Anda akan menemukan dan mempelajari mengenai kondisi manusia sepanjang rentang kehiduapannya, atau bisa dikatakan sejak masa prenatal (janin dalam kandungan ibu) sampai dengan masa dewasa akhir menjelang kematian. Di psikologi perkembangan anda akan mempelajari 3 aspek penting dalam manusia, yaitu fisik, kognitif, dan sosioemosi. Hal ini semakin menarik jika anda memahami lebih dalam dan anda tertarik dengan manusia itu sendiri. Karena dengan memahi 3 aspek penting tersebut, anda juga bisa memahami dan berempati terhadap orang lain.

Banyak juga tokoh dalam psikologi perkembangan ini, diantara tokoh dari teori psikoanalitis yaitu Sigmund Freud dan Erik Erikson. Adapun dari tokoh teori kognitif dengan tokohnya Jean Piaget dan Lev Vygotsky, teori perilaku dan kognitif sosial yaitu ada tokohnya B.F Skinner dan Albert Bandura, adapun teori etologi, teori ekologi, dan masih banyak tokoh lainnya. Adanya tokoh-tokoh dengan teori mereka, dan dipadukan dengan realitas yang ada, membuat Anda belajar psikologi perkembangan ini semakin menarik dan menambah wawasan anda.


EmoticonEmoticon